9.6.20

PEDULI LINGKUNGAN WUJUD CINTA TERHADAP TUHAN



NIRBITA MELANI/18.310.410.1180
FAKULTAS PSIKOLOGI 
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Negara Indonesia adalah Negara yang terdiri dari beberapa pulau,ras,suku,dan budaya tentu saja banyak penduduk yang tinggal didalamnya.Dalam memenuhi kebutuhan hidup seringkali manusia melakukan tindakan yang merusak lingkungan dan mengabaikan kelestariannya,padahal jumlah manusia terus bertambah dan pastinya bertambah juga kebutuhan hidupnya.
 Hal ini agama menjadi aspek terpenting mengingat agama tidak terlepas dari kehidupan umat manusia.Menurut Prusyer bahwa manusia pada dasarnya adalah makhluk religious atau manusia merupakan makhluk yang berkembang menjadi religious.Sedangkan menurut Hurlock mengatakan bahwa religi terdiri dari 2 unsur,yaitu unsur keyakinan terhadap ajaran agama dan unsur pelaksanaan ajaran agama.
Didalam agama islam salah satu sumber landasan berpijak guna tercapainya kelestarian alam adalah Al Quran,sementara dalam khasanah hadis secara spesifik Rasulullah telah mengajarkan dan praktik kepedulian terhadap lingkungan.Beberapa prlinsip etika lingkungan yang diajarkan oleh Rasulullah adalah yang pertama,setiap orang mempunyai hak memanfaatkan dalam memenuhi kebutuhan hidup.Kedua,setiap orang mempunyai kewajiban yang sama untuk memelihara alam agar kebutuhan manusia tetap selalu tersedia.Ketiga,setiap orang berkewajiban menghemat dalam menggunakan sumber daya alam,yaitu menjauhi tindakan yang berakibat pemborosan dalam menggunakan kebutuhan.Keempat,setia,p individu berkewajiban kolektif untuk melindungi sumber daya alam dari ancaman kerusakan.
Dalam  Al Qur’an surah Al-Mulk (67:3) “Yang telah menciptakan tujuh langit berlapis-lapis.Kamu seklai-kali tidak melihat pada ciptaan Tuhan yang Maha pemurah sesuatu yang tidak seimbang maka lihatlah berulang-ulang adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang?”
Peduli lingkungan adalah wujud cinta kita terhadap Tuhan.Cinta lingkungan alam merupakan rasa sayang yang ada pada diri individu terhadap semua benda,kondisi dan segala sesuatu yang terdapat dalam suatu tempat atau ruangan tempat makhluk hidup berada yang mempengaruhi keberlangsungan hidupnya.Tuhan menciptakan alam dalam keadaan seimbang dan serasi sesuai kebutuhan manusia.Oleh karena itu sudah seharusnya mensyukuri nikmat tersebut dengan menumbuhkan rasa cinta terhadap lingkungan.Nilai karakter cinta lingkungan yaitu :
·         Hormat terhadap alam,wujud nyata dari rasa hormat yaitu manusia perlu memelihara,merawat,menjaga,melindungi,melestarikan alam beserta isinya.
·         Tanggung jawab,setiap bagian dan benda dialam semesta ini diciptakan oleh Tuhan dengan tujuannya masing-masing,oleh karena itu manusia sebagai bagian dari alam semesta bertanggung jawab untuk menjaganya.
·         Solidaritas,manusia mempunyai kedudukan sederajat setara dengan alam dan semua makhluk hidup.Kenyataan tersebut membangkitkan perasaan solider dari dalam diri manusia yang akan menumbuhkan dorongan keinginan untuk menyelamatkan lingkungan hidup dan mencegah manusia mencemari lingkungan
·         Kasih sayang dan kepedulian terhadap alam,perasaan tersebut akan muncul apabila kita sebagai manusia memiliki kerendahan hati menyadari bahwa semua makhluk ciptaan Tuhan berhak untuk dilindungi,dirawat,dipelihara,dan tidak disakiti.
·         Hidup sederhana selaras dengan alam,ada batas sekedar utnuk hidup secara layak sebagai manusia.Bukan berarti bahwa manusia tidak boleh memanfaatkan alam untuk kepentingannya,tetapi alangkah lebih baik untuk memanfaatkan alam sesuai kebutuhan saja.
·         Keadilan,hal ini lebih berbicara tentang manusia harus berperilaku satu terhadap yang lain kaitannya dengan alam semesta dan bagaimana system social diatur,sehingga dapat menghasilkan feedback positif terhadap kelestarian lingkungan.

Menurut ungkapan Attifield (2010) tidak dapat dihindari kerusakan yang terjadi di permukaan bumi memerlukan solusi dengan bertindak yang dimulai dari lingkungan sekitar.Bagaimana Caranya? Hal sederhana yang dapat dilakukan seperti halnya :
1.    Memilah sampah agar dapat terurai dengan baik.Seperti sampah dapur,bila kita tekun memilahnya  dapat kita olah menjadi  pupuk kompos yang bahkan saat ini banyak diminati orang-orang karena lebih ramah lingkungan.
2.    Baiknya kita mulai mengurangi menggunaan plastik,perlu diketahui plastik membutuhkan waktu 10-20 tahun untuk terurai.Alternatif untuk mengelola sampah plastic dengan mendaur ulang kembali menjadi barang-barang yang memiliki nilai jual.Hal positif yang didapat adalah kita dapat melatih ketekunan serta melatih kekreatifan kita.
3.    Melakukan penghematan energy
Penghematan energy yang dimaksud adalah bagaimana kita dapat menggunakan energy seperti listrik,air sesuai kebutuhan saja.
4.    Membuat saluran pembuangan limbah
Membuat saluran limbah bertujuan agar limbah sisa kegiatan manusia tidak langsung tercampur dilingkungan sekitar,jadi limbah dapat terurai dengan baik.
Selain persoalan sampah,yang mencuri perhatian saat ini adalah pencemaran diberbagai daerah seperti pencemaran udara,dan air.
1.    Pencemaran Air
Kebutuhan dan ketersediaan air bersih menjadi hal penting bagi manusia,bagaimana tidak hampir seluruh aktifitas manusia membutuhkan unsur air.
Sering kita jumpai air sungai kotor dan kurang diperhatikan oleh manusia padahal bisa saja air tersebut mengandung zat kimia berbahaya yang berdampak kurang baik bagi kesehatan manusia bila digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
2.    Pencemaran Udara
Pencemaran udara juga menjadi salah satu masalah serius bagi manusia,saat manusia bernafas menghirup O2,apabila menghirup udara yang sudah tercemar oleh zat-zat kimia akan bedampak pada system alat pernafasan.
Langkah sederhana yang dapat dilakukan adalah melakukan reboisasi atau penghijauan kembali dengan menanam tumbuh-tumbuhan disekitar lokasi pencemaran.

Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa Tuhan menciptakan alam sesuai dengan kebutuhan makhluk hidup,namun hal tersebut juga harus di seimbangkan dengan upaya untuk menjaganya,cara mudahnya melalui tindakan-tindakan sederhana yang dapat kita lakukan sehari-hari.Peduli dengan lingkungan adalah cara manusia untuk mengungkapkan rasa cinta terhadap Tuhan.

 Referensi :
Nur Rofi’atun Nafi’ah.2014.Internalisasi nilai cinta lingkungan melalui pembelajaran pendidikan agama islam di SMA Negeri 1 Jetis Bantul.Fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan.Universitas islan negeri sunan kalijaga.Yogyakarta (diakses pada tanggal 10 April 2020)
Latif Rifa’i.2015.Etika lingkungan hidup dalam hadis Nabi SAW.Universitas islam negeri sunan kalijaga.Yogyakarta(diakses pada tanggal 10 April 2020)
Dinarjadi Eka Puspitasari.2009.dampak pencemaran air terhadap kesehatan lingkungan dalam perspektif hokum lingkungan.Vol 21 no 1.(diakses pada tanggal 11 April 2020)

0 comments:

Post a Comment