10.6.20

PANDEMI COVID-19 TUNDA LIBURAN, DI RUMAH TETAP HARUS FUN!!

PANDEMI COVID-19
TUNDA LIBURAN, DI RUMAH TETAP HARUS FUN!!



Tri Wahyu Ningsih / 19310410026
Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA.
Fakultas Psikologi  
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

       Di luar china, kasus covid-19 meningkat 13 kali lipat dan negara yang terdampak meningkat tiga kali. Karena itulah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) secara resmi menyatakan virus corona COVID-19 sebagai pandemi pada Rabu (11/3/2020). Menuru WHO, pandemi adalah skala penyebaran penyakit yang terjadi secara global di seluruh dunia. Namun, ini tidak memiliki sangkut paut dengan perubahan pada karakteristik penyakitnya, sebagaimana dilaporkan The Guardian. Pandemi juga memiliki level yang lebih tinggi dibanding epidemi atau keadaan ketika suatu penyakit menyebar dengan cepat diantara banyak orang dan dalam jumlah lebih banyak dibanding yang normal terjadi.

        Menurut WHO, COVID-19 menular melalui orang yang telah terinfeksi virus corona. Penyakit dapat menyebar melalui tetesan kecil dari hidung atau mulut ketika seseorang yang terinfeksi virus ini bersin atau batuk. Tetesan itu kemudian mendarat di sebuah benda atau permukaan yang lalu disentuh dan orang sehat tersebut menyentuh mata, hidung atau mulut mereka. Virus corona juga bisa menyebar ketika tetesan kecil itu dihirup oleh seseorang ketika berdekatan dengan yang terinfeksi corona. Maka dari itu itu, kita diwajibkan untuk melakukan Physical distancing atau pembatasan fisik adalah salah satu langkah yang disarankan untuk mencegah penyebaran virus Corona.


Gambar 1.1

        Untuk mengurangi tingkat penularan covid-19, kita dihimbau untuk “Stay at Home”. Jadi, rencana liburan kita harus ditunda dulu Tinggal atau dirumah aja bukan berarti kita dirumah untuk berdiam diri, tetapi kita harus tetap produktif untuk mengurangi rasa kebosanan dan menciptakan suasana yang menyenangkan selama dirumah. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi kebosanan, misalnya: 

1. Bermain aplikasi Tiktok

Di era milenial sekarang ini, pasti banyak yang memainkan salah satu aplikasi smartphone Tiktok. Aplikasi ini dapat mengurangi rasa bosan selama dirumah. Aplikasi ini juga bisa untuk berkreatifitas, misalnya membuat video tutorial masak, membuat sesuatu atau yang lainnya. Biasanya banyak yang lebih menonton video tutorial dari aplikasi ini karena videonya yang lebih singkat. 

2. Menonton Film

Menonton film juga bisa menghilangkan rasa bosan. Film yang biasanya adalah serial, drama korea atau anime. Tetapi sekarang ini banyak yang menghabiskan waktu dengan menonton film secara maraton. Maraton film atau menghabiskan seluruh episode film dalam satu waktu tanpa henti. 

3. Memasak

Memanfaat waktu selama dirumah aja yakni bisa untuk belajar memasak bahkan bereksperimen membuat menu masakan baru.

4. Bermain Game 

WHO merekomendasi untuk bermain dengan keluarga atau secara mandiri memainkan sebuah permainan bersama. Paling tidak luangkan waktu sekitar 30 menit bersama keluarga atau kerabat dekat untuk menghalau rasa stress dan takut selama pandemi COVID-19. Banyak permainan yang bisa dilakukan, mulai dari game konsol maupun aktivitas bergerak lainnya selama di dalam rumah. Terlebih saat ini sudah banyak permainan konsol yang memiliki opsi gerak atau motion sensor, dalam memainkan game.

Gambar 1.2

        Diatas adalah beberapa cara untuk mengatasi rasa bosan selama dirumah. Dengan demikian, kita bisa membantu pemerintah dan diri kita sendiri untuk memutus penyebaran covid-19. Tetap bahagia walau dirumah aja ya temen-temen, liburannya ditunda dulu. 

Referensi:
https://www.kompas.com/sains/read/2020/03/12/083129823/who-resmi-sebut-virus-corona-covid-19-sebagai-pandemi-global
https://www.cnbcindonesia.com/tech/20200608095052-37-163746/ingat-begini-cara-penyebaran-virus-corona-covid-19-versi-who
https://tirto.id/binge-watching-bahaya-menonton-film-dan-serial-secara-maraton-eoHL
http://www.hypermart.co.id/blog-post/tips-menghilangkan-bosan-saat-self-quarantine/
https://voi.id/teknologi/4144/who-sarankan-bermain-game-untuk-hilangkan-bosan-selama-masa-covid-19
Referensi Gambar:
Gambar 1.1  
https://www.goodnewsfromindonesia.id/2020/03/25/dirumahaja-kontribusi-kita-bersama-negara-lawan-corona
Gambar 1.2 
https://www.tipspintar.com/game-memasak-offline-terbaik/

0 comments:

Post a Comment