9.6.20

MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA ANAK

Exwati Miatari/ 19310410030
Fakultas Psikologi
Universitass Proklamasi 45 Yogyakarta
Dosen Pengampu : Arundhati Shinta, M.A.



Pendidikan menjadi modal utama sebagai langkah keberhasilan dimasa mendatang. Banyak dari masyarakat yang kerap menjadikan tolak ukur sebagai kesuksesnya seseorang. Bahkan, mereka rela berpisah dari orang tua demi mengejar pendidikan. Pendidikan adalah suatu proses pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekumpulan manusia yang diwariskan dari satu genereasi ke generasi selanjutnya melalui pengajaran, pelatihan, dan penelitian. Menurut Ki Hajar Dewantara, pengertian pendidikan adalah proses menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak peserta didik, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya. Tak hanya itu saja, peran guru juga sangat penting dalam dunia pendidikan. Gurulah yang amat berjasa dalam mengajarkan ilmu kepada kita sehingga kita dapat mengejar cita-cita yang kita impikan. Menurut Drs. Moh. Uzer Usman “1996:15” Guru merupakan setiap orang yang bertugas dan berwenang dalam dunia pendidikan dan pengajaran pada lembaga pendidikan formal.

Dalam kasus tersebut banyak faktor yang medorong akan kesuksesan dalam belajar. Banyak sekali orang tua yang berharap akan keberhasilan pada putra, putri mereka hingga rela mengeluarkan sejumlah uang untuk pendidikan sang anak. Menurut Mohammad Hatta Ilmu pengetahuan merupakan pengetahuan atau studi yang teratur yang berkenaan dengan pekerjaan hokum umum, sebab dalam suatu kelompok masalah yang sifatnya sama baik dilihat dari kedudukannya dan juga hubungannya. Keberhasilan sangatlah berpengaruh dalam pencapaian masa depan dimasa mendatang. Oleh karena itu, perlunya peningkatan motivasi dalam pembelajaran untuk anak agar dapat menunjang prestasi didunia pendidikan serta dapat meraih kesuksesan.
Berdasarkan pemaparan diatas, ternyata motivasi dianggap penting dalam penunjang prestasi anak. Menurut Malayu (2005: 143) motivasi berasal dari kata latin movere yang berarti dorongan atau pemberian daya penggerak yang menciptakan kegairahan kerja seseorang agar mereka mau bekerja sama, bekerja efektif, dan terintegrasi dengan segala daya upayanya untuk mencapai kepuasan. Motivasi (motivasion) dalam manajemen hanya ditujukkan pada sumber daya manusia umumnya dan bawahan khususnya. Pentingnya motivasi karena motivasi adalah hal yang menyebabkan, menyalurkan, dan mendukung prilaku manusia, supaya mau bekerja giat dan antusias mencapai hasil yang optimal. Lalu ada beberapa cara untuk meningkatkan motivasi terhadap anak, agar ia tidak malas dalam belajar. Berikut cara-cara untuk menumbuhkan motivasi terhadap anak.
1.Memberi angka
Angka dalam hal ini sebagai simbol dari nilai kegiatan belajarnya. Banyak siswa yang justru untuk mencapai angka/nilai yang baik. Sehingga yang dikejar hanyalah nilai ulangan atau nilai raport yang baik. Angka-angka yang baik itu bagi para siswa merupakan motivasi belajar yang sangat kuat. Yang perlu diingat oleh guru, bahwa pencapaian angka-angka tersebut belum merupakan hasil belajar yang sejati dan bermakna. Harapannya angka-angka tersebut dikaitkan dengan nilai afeksinya bukan sekedar kognitifnya saja.
2. Hadiah
Hadiah dapat menjadi motivasi belajar yang kuat, dimana siswa tertarik pada bidang tertentu yang akan diberikan hadiah. Tidak demikian jika hadiah diberikan untuk suatu pekerjaan yang tidak menarik menurut siswa.
3. Kompetisi
Persaingan, baik yang individu atau kelompok, dapat menjadi sarana untuk meningkatkan motivasi belajar. Karena terkadang jika ada saingan, siswa akan menjadi lebih bersemangat dalam mencapai hasil yang terbaik.
4.Ego-involvement
Menumbuhkan kesadaran kepada siswa agar merasakan pentingnya tugas dan menerimanya sebagai tantangan sehingga bekerja keras adalah sebagai salah satu bentuk motivasi yang cukup penting. Bentuk kerja keras siswa dapat terlibat secara kognitif yaitu dengan mencari cara untuk dapat meningkatkan motivasi.
5. Memberi Ulangan
Para siswa akan giat belajar kalau mengetahui akan diadakan ulangan. Tetapi ulangan jangan terlalu sering dilakukan karena akan membosankan dan akan jadi rutinitas belaka.
6. Mengetahui Hasil
Mengetahui hasil belajar bisa dijadikan sebagai alat motivasi belajar anak. Dengan mengetahui hasil belajarnya, siswa akan terdorong untuk belajar lebih giat. Apalagi jika hasil belajar itu mengalami kemajuan, siswa pasti akan berusaha mempertahankannya atau bahkan termotivasi untuk dapat meningkatkannya.
7. Pujian
Apabila ada siswa yang berhasil menyelesaikan tugasnya dengan baik, maka perlu diberikan pujian. Pujian adalah bentuk reinforcement yang positif dan memberikan motivasi yang baik bagi siswa. Pemberiannya juga harus pada waktu yang tepat, sehingga akan memupuk suasana yang menyenangkan dan mempertinggi motivasi  belajar serta sekaligus akan membangkitkan harga diri.
8. Hukuman
Hukuman adalah bentuk reinforcement yang negatif, tetapi jika diberikan secara tepat dan bijaksana, bisa menjadi alat motivasi belajar anak. Oleh karena itu, guru harus memahami prinsip-prinsip pemberian hukuman tersebut.

Dari penjelasan diatas dapat kita ketahui bagaimana cara-cara agar dapat meningkatkan motivasi belajar anak. Sehingga orang tua juga tidak perlu khawatir jika anak malas belajar. Dengan cara-cara yang telah dijelaskan diatas orang tua dapat menerapkannya untuk meningkatkan motivasi belajar pada anak.


Daftar Pustaka:

Zaky. 2020. Pengertian Pendidikan | Definisi, Fungsi, Tujuan, dan Jenis-Jenisnya. https://www.zonareferensi.com/pengertian-pendidikan/. Diakses (09/06/2020).


Dosen pendidikan. 2020. Pengertian Guru Menurut Para Ahli. https://www.dosenpendidikan.co.id/pengertian-guru-menurut-para-ahli/. Diakses ( 09/16/2020).


Ilham, Mughnifar. 2020. Pengertian Ilmu pengetahuan Meurut Para Ahli. https://materibelajar.co.id/pengertian-ilmu-pengetahuan-menurut-para-ahli/.diakses (09/16/2020).

Dosen Pendidikan 2. 2020. Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli. https://www.dosenpendidikan.co.id/pengertian-motivasi-menurut-para-ahli/.diakses (09/06/2020).

Jurnal Psikologi. 2012. Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Anak. https://ruangguruku.com/cara-meningkatkan-motivasi-belajar-anak/. diakses (09/06/2020).

Sumber Gambar:

0 comments:

Post a Comment