9.6.20

MASALAH SAMPAH PLASTIK DI INDONESIA SEMAKIN PARAH

MASALAH SAMPAH PLASTIK DI INDONESIA SEMAKIN PARAH
M. Riand Purwadinata
15.310.420.1118
Fakultas Psikologi
Psikologi Sosial
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
Dosen Pengampu Dr., Dra. Arundati Shinta, MA

Masalah sampah plastik di Indonesia lagi-lagi menjadi sorotan publik. Melihat perkembangan masalah sampah plastik, agaknya pemerintah memang sudah harus mempercepat perbaikan sistem pengelolaannya. Pencemaran plastik di Indonesia diperkirakan akan terus meningkat. Saat ini, industri industri minuman di Indonesia merupakan salah satu sektor yang pertumbuhannya paling pesat. Banyak dari hasil akhir produk minuman menggunakan plastik sekali pakai sebagai packaging. Minuman-minuman tersebut dapat dengan mudah ditemui di berbagai gerai ritel, baik modern maupun tradisional.
Permasalahan sampah menjadi masalah yang belum terselesaikan dengan baik, khususnya di berbagai daerah di Indonesia. Jumlah sampah terus meningkat di setiap tahunnya. Kesadaran pemerintah dan masyarakat akan sampah harus digali agar terlepas dari permasalahan sampah. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menilai persoalan sampah sudah meresahkan. Indonesia bahkan masuk dalam peringkat kedua di dunia sebagai penghasil sampah plastik ke Laut setelah Tiongkok. 
Sampah tidak selalu berujung dengan bau, kotor, sumber masalah, penyakit, banjir dan dampak negatif lainnya. Seperti halnya pada pogram Bank Sampah. Disini, sampah ( khususnya an organik) dikelola sedemikian rupa dengan cara yag dinamakan “Sistem Bank Sampah”. Bank sampah ini fungsinya bukan melulu menumpuk sampah, namun bank ini menyalurkan sampah yang didapat sesuai dengan kebutuhan. Misal, sampah basah hasil rumah tangga yang terdiri dari sayuran, dikumpulkan untuk dijadikan pupuk kompos. Sampah kering berupa botol, kaleng dan kertas dipisah lagi. Biasanya sampah kering ini dijadikan barang kembali dari hasil daur ulang dan semua berupa kerajinan tangan. 


http://medialingkungan.com/index.php/news/nasional/sebanyak-130-000-ton-sampahperhari-diproduksi-oleh-indonesia. diakses pada tanggal 09 Mei 2020

http://geotimes.co.id/2019-produksi-sampah-di-indonesia-671-juta-ton-sampah-pertahun/. diakses pada tanggal 09 Mei 2020 

0 comments:

Post a Comment