16.6.20

MENGAPA SAAT INI MASYARAKAT MENGELUHKAN PENURUNAN PENDAPATAN EKONOMI ?

Ujian Akhir Psikologi Sosial
(Semester Genap 2019/2020)
Electra Alnurin (19.310.410.004)
Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA.
Fakultas Psikologi 
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Masyarakat adalah kelompok orang yang memiliki hubungan antarindividu melalui hubungan yang tetap, atau kelompok sosial yang besar yang berbagi wilayah dan subjek yang sama kepada otoritas dan budaya yang sama. Menurut Selo Soemardjan, masyarakat adalah sebagai orang-orang yang hidup bersama dan menghasilkan kebudayaan. Jadi masyarakat adalah bentuk pengelompokan manusia yang menunjukan aktivitas bersama yang tampak dalam interaksi diantara anggota-anggota kelompok tersebut, dimana kebutuhan-kebutuhan anggota kelompok hanya dapat dipenuhi dengan jalan berinteraksi dengan individu-individu lainnya.
      Masyarakat merupakan makhluk adaptif atau mudah menyesuaikan diri dengan keadaan. Oleh karena itu masyarakat merupakan wadah untuk memenuhi berbagai kepentingan untuk dapat bertahan. Masyarakat sendiri mempunyai berbagai kebutuhan yang harus dipenuhi agar masyarakat itu dapat hidup secara terus menerus. Namun, akhir-akhir ini banyak masyarakat yang mengeluhkan penurunan penghasilan mereka karena adanya pandemi virus corona atau covid-19. Bahkan ada sebagian karyawan sampai memutuskan hubungan kerja (PHK) karyawan. Harga bahan baku juga menjadi lebih mahal karena nilai Dolar Amerika sebagai alat tukarnya semakin meningkat. 
      Banyak masyarakat yang berkeluh kesah karena pendapatannya terganggu, ditambah harga barang-barang atau bahan-bahan di pasaran meningkat drastis apabila permintaan konsumen meningkat. Selain pendapatan yang menurun, terdapat pula beberapa dari mereka yang bahkan kehilangan pekerjaannya karena pandemi covid-19 ini. Hal tersebut yang membuat sebagian orang merasa cemas hingga tertekan dan stress. Apabila mereka tidak dapat mengendalikan stress akan mengakibatkan stress yang berlebih dan menimbulkan emosi yang tidak stabil.

      Tentunya stress dan cemas yang berlebihan akan berdampak buruk bagi tubuh. Cara untuk mengatasi kekhawatiran dan kepanikan yang berlebihan di tengah pandemi covid-19 adalah membatasi informasi yang diterima. Kemudian dapat juga melakukan teknik relaksasi, yaitu dengan olahraga secara terstur atau melakukan meditasi. Dianjurkan menghubungi orang-orang terdekat atau orang yang dipercaya dengan tetap menjaga jarak, dengan melalui telepon atau media sosial. 
Referensi :
https://sosiologi79.blogspot.com/2017/10/pengertian-masyarakat (diakses 15 Juni 2020)
https://www.definisi-pengertian.com/2015/10/pengertian-masyarakat (diakses 15 Juni 2020)
https://kaltim.tribunnews.com/amp/2020/05/14/kontraksi-ekonomi (diakses 15 Juni 2020)
https://amp.kompas.com/nasional/read/2020/03/27 (diakses 15 Juni 2020)
https://m.liputan6.com/regional/read/44226637/cara-mengatasi-stres-akibat-corona (diakses 15 Juni 2020)
Sumber Gambar :
https://images.app.goo.gl/thviDqFkvduk2VbU8 

4 comments:

  1. Artikelnya menarik dan bahasanya juga mudah dipahami, sangat bermanfaat:)

    ReplyDelete
  2. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk banyak orang๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete