15.6.20

MARI MENGENAL OBSERVASI


UJIAN AKHIR PSIKOLOGI SOSIAL
(Semester Genap 2019/2020)
Bagas Yoga Pratami (19310410057)
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Didunia yang luas ini banyak orang atau bahkan organisasi yang sedang melakukan penelitian. Untuk mendapatkan sesuatu hasil dari penelitan tersebut mereka harus melewati beberapa proses. Dalam hal ini saya akan menjelaskan sedikit tentang Observasi. Karena observasi merupakan salah atu proses dalam sebuah penelitian. Jadi, apa itu observasi? observasi adalah sebuah aktivitas terhadap suatu proses atau objek dengan maksud merasakan dan kemudian memahami pengetahuan dari sebuah fenomena berdasarkan pengetahuan dan gagasan yang sudah diketahui sebelumnya, untuk mendapatkan informasi-informasi yang dibutuhkan untuk melanjutkan suatu penelitian.
Observasi adalah salah satu metode pengumpulan data dengan cara mengamati atau meninjau secara cermat dan langsung di lokasi penelitian untuk mengetahui kondisi yang terjadi atau membuktikan kebenaran dari sebuah desain penelitian yang sedang dilakukan. Metode observasi merupakan metode dalam pengumpulan data yang memerlukan kesabaran dan komitmen dari peneliti. Ada juga beberapa jenis observasi secara umum :
1. Observasi Partisipasi
Observasi partisipasi merupakan jenis observasi yang dilakukan dengan cara pengamat atau orang yang melakukan observasi ikut terlibat secara langsung dalam kehidupan objek.
2. Observasi Sistematik
Observasi sistematik merupakan jenis observasi yang dilakukan dengan cara menyiapkan kerangka terlebih dahulu. Observasi jenis ini disebut juga sebagai observasi berkerangka.
3. Observasi Eksperimental
Observasi eksperimental merupakan jenis observasi yang diadakan dengan cara uji coba, sehingga situasi sengaja dibuat menyerupai kondisi asli sehingga observasi tidak diketahui maksudnya.

(Sumber Gambar : nesabamedia.com)
Dan sebelum melaksanakan observasi ada beberapa hal yang harus di amati :
  1. Harus jelas diketahui apa yang ingin diamati.
  2. Perilaku objek yang dikaji dibuat dalam kategori-kategori.
  3. Unit yang digunakan dalam pengukuran perilaku harus ada.
  4. Derajat penarikan kesimpulan yang digunakan harus jelas diketahui.
  5. Jenis dan besar sampel harus ditentukan.
  6. Pengamatan harus reliabel dan valid.
Metode observasi memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan, yaitu :
Kelebihan :
1. Data diperoleh langsung dari objek penelitian, baik secara verbal maupun tidak.
2. Pencatatan informasi yang mendukung proses pengumpulan data dapat dilakukan segera setelah terjadi atau saat berlangusngnya kejadian tersebut.
Kekurangan :
1. Membutuhkan kurun waktu yang lama untuk mendapatkan hasil pengamatan dari suatu kejadian.
2. Pengamatan berlangsung lama, karena tidak dapat dilakukan secara langsung dalam satu hari.
3. Kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pribadi individu tidak dapat diamati oleh pengamat karena hal itu menjadi privasi.

Referensi :

Zonareferensi.com. (2020, 18 April). Pengertian Observasi Menurut Para Ahli dan Secara Umum, diakses pada 13 Jun 2020, dari https://www.zonareferensi.com/pengertian-observasi/

M-edukasi.kemdikbud.go.id. kelebihan dan kekurangan metode akuntansi, diakses pada 13 Juni 2020, dari https://m-edukasi.kemdikbud.go.id/medukasi/produk-files/kontenkm/km2016/KM201627/materi3.html

Belajargiat.id. (2020, 15 Februari). Observasi, diakses pada 13 juni 2020, dari https://belajargiat.id/obsevasi/

0 comments:

Post a Comment