6.6.20

Is research important among students?


Beatrice. A. J. C. Randan / 19310410040
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Penelitian merupakan kegiatan yang memiliki tujuan untuk memperoleh informasi atau data yang akan dibutuhkan sebelum melakukan suatu riset atau eksperimen tertentu. Penelitian tediri dari penelitian yang bersifat ilmiah dan non ilmiah. Tujuan dari penelitian adalah, untuk mengetahui, dan membanduingkan antara data yang dihasilkan dari penelitian dengan fakta yang terjadi di masyarakat. Memecahkan masalah yang terjadi di masyarakat. Memeberikan jawaban dan solusi yang tepat bagi masyarakat.

Menurut Sugiyono (2013:2), Metode penelitian pada dasarnya merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Berdasarkan hal tersebut terdapat empat kata kunci yang perlu diperhatikan yaitu cara ilmiah, data, tujuan dan kegunaan.

Sedangkan pengertian metode penelitian  menurut Sujoko, Stevanus, dan Yuliawati (2008:7) dalam bukunya menyatakan bahwa : “Metode penelitian merupakan bagian dari metodologi yang secara khusus mendeskripsikan tentang cara mengumpulkan data dan menganalisis data.” Berdasarkan pernyataan diatas dapat diketahui bahwa metode penelitian merupakan suatu cara untuk dapat memahami suatu objek penelitian dengan memandu peneliti dengan urutan-urutan bagaimana penelitian dilakukan yang meliputi teknik dan prosedur yang di gunakan dalam penelitian.




Keunggulan penelitian memiliki sertifikat gelar yang mengagumkan. Melalui penelitian terperinci, siswa mengembangkan keahlian berpikir kritis, serta keterampilan analitis, penelitian, dan komunikasi yang efektif yang dicari secara global dan sangat bermanfaat. Pada akhirnya, penelitian sangat penting untuk pembangunan ekonomi dan sosial masyarakat global kita, membentuk fondasi kebijakan pemerintah di seluruh dunia.

Direktur Forum UNESCO tentang Pendidikan Tinggi, Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Pengetahuan Mary Louise Kearney mengatakan bahwa  "Pengetahuan yang dihasilkan oleh penelitian adalah dasar dari pembangunan berkelanjutan, yang mensyaratkan agar pengetahuan ditempatkan pada pelayanan pembangunan, diubah menjadi aplikasi, dan dibagikan untuk memastikan manfaat luas,"

Penelitian berarti menganalisis masalah dengan teliti atau melakukan studi terperinci tentang masalah spesifik, dengan memanfaatkan metode ilmiah khusus. Untuk melakukan penelitian, pertama-tama harus memiliki topik atau masalah yang dapat dilakukan untuk meneliti. Topik harus memiliki pertanyaan yang relevan untuk dijawab. Untuk penelitian, langkah-langkah tertentu harus diikuti seperti pengamatan pertama, kemudian penelitian latar belakang kemudian menyiapkan hipotesis, akhirnya melakukan percobaan sederhana.

Mahasiswa adalah bagian dari proses pendidikan yang mencakup masalah kognitif, attitude dan psikomotorik. Penelitian merupakan salah satu sarana untuk melatih aspek kognitif mahasiswa menjadi semakin terlihaat. Pada dasarnya pendidikan merupakan sarana pembentukan pola pikir mahasiswa. Penelitian adalah salah satu cara yang menjadikan mahasiswa menjadi seorang pemikir yang berwawasan luas. Dengan melakukan penelitian, mahasiswa dilatih untuk bepikir obyektif, sistematis, dan memahami persoalan secara lebih mendalam serta berpikir kedepan. Melalui penelitian mahasiswa dilatih untuk berikir kritis dan peka terhadap masalah yang dihadapi sesuai dengan bidangnya. Melakukan penelitian tidak semudah dibicarakan secara teori, maka dari itu mahasiswa harus melatih sedini mungkin. Semakin banyak latihan maka pemahaman akan metode dan kepekaan terhadap suatu masalah akan semakin terlihat. Hasilnya mahasiswa tersebut akan semakin mampu berpikir secara logis, sistematis, kritis dan obyektif.



Referensi:
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV
Sujoko, Stevanus dan Yuliawati, 2008 : , Metode Penelitian Malang: Bayumedia Publishing

Referensi Gambar:

0 comments:

Post a Comment