15.6.20

Efektivitas Pelatihan Karyawan Untuk Meningkatkan Kualitas Kinerja


UJIAN AKHIR PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI
(Semester Genap 2019/2020)


Ganjar Dwi Lestari  (19310410012)
Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta,M.A


Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Efektivitas pelatihan karyawan merupakan hal yang sangat penting terutama untuk mengembangkan sumber daya manusia. Pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia di perusahaan, organisasi, instansi pendidikan, ataupun lembaga lain dilakukan untuk meningkatkan kualitas kinerja karyawan.Untuk itu, pelatihan dibutuhkan agar seluruh karyawan mampu mengikuti perkembangan dunia kerja maupun bisnis sesuai dengan jabatannya. Pelatihan juga dilakukan untuk meningkatkan produktivitas, etos kerja, disiplin, sikap, keterampilan, dan keahlian tertentu agar bisa bekerja lebih maksimal serta lebih baik.


Tujuan Pelatihan Karyawan
Pelatihan adalah salah satu hal yang penting dilakukan untuk mengembangkan kinerja karyawan ataupun sumber daya manusia. Pelatihan umumnya dilakukan sesuai prosedur yang terorganisir dan sistematis serta dibuat seperti proses pendidikan dalam jangka waktu pendek. Dengan adanya pelatihan maka karyawan non manajerial bisa mempelajari pengetahuan, keahlian, dan keterampilan teknis yang dibutuhkan untuk menjalankan pekerjaannya.
Tujuan pelatihan karyawan sendiri antara lain seperti meningkatkan produktivitas karyawan dalam bekerja, meningkatkan mutu kerja karyawan sehingga karyawan terhindar dari kesalahan kerja, meningkatkan motivasi dan semangat kerja karyawan, menarik ataupun mempertahankan sumber daya manusia yang berkualitas, menjaga keselamatan kerja, mencegah timbulnya antipati dari karyawan, serta menghindari keusangan karyawan.
Tentunya perusahaan ingin menarik, memiliki, dan mempertahankan karyawan terutama yang bisa bersaing serta mengikuti perkembangan dunia bisnis. Karenanya, efektivitas pelatihan karyawan sangat diperlukan dalam peningkatan keterampilan dan kinerja karyawan sehingga karyawan yang dimiliki bisa sukses ketika melakukan pekerjaannya.

Jenis-Jenis Pelatihan Kerja di Perusahaan
Training kerja dapat dilakukan dalam beragam cara, berikut merupakan jenis-jenis training yang bisa diterapkan dalam suatu perusahaan:
1.       Job/Technical Training:Jenis pelatihan ini lebih berfokus pada pekerjaan/tugas serta teknik yang dibutuhkan dalam melakukan pekerjaan.
2.       Interpersonal and Problem Solving Training:Pelatihan ini lebih berpusat pada cara memecahkan masalah dalam suatu proses produksi.
3.       Developmental and Innovative Training:Jenis pelatihan ini akan melatih pengembangan dan inovasi dalam diri karyawan untuk membantu operasional perusahaan.
4.       Required and Regular Training:Jenis pelatihan ini lebih dikenal dengan pelatihan rutin, yaitu pelatihan karyawan yang dilakukan perusahaan secara berkala dan bertahap pada kurun waktu tertentu. Training jenis ini merupakan yang paling banyak dilakukan oleh perusahaan.
Sasaran Pelatihan Karyawan
Kegiatan pelatihan karyawan memang sangat dibutuhkan jika ingin karyawan yang bekerja pada perusahaan, instansi, organisasi, ataupun lembaga lain bekerja secara efektif. Pelatihan sendiri pada dasarnya dilakukan dengan maksud untuk mengubah tingkah laku dan mengingkatkan kemampuan sumber daya manusia.
Perubahan tingkah laku sumber daya manusia yang diinginkan perusahaan, organisasi, instansi, ataupun lembaga lain tentunya berkaitan dengan meningkatnya keahlian, keterampilan, sikap, pengetahuan, perilaku, dan lainnya yang bisa berpengaruh pada produktivitas kerja. Oleh sebab itu, perlu melakukan pelatihan yang tepat sasaran sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Berikut ini sasaran pelatihan karyawan yang dapat dibagi dalam tiga kategori yakni sebagai berikut:
1.       Kategori kognitif merupakan proses pelatihan yang difokuskan pada peningkatan intelektual misalnya meningkatan pengetahuan maupun keterampilan dalam berpikir.
2.       Kategori psikomotorik yaitu dimana pelatihan dilakukan untuk mengembangkan keterampilan fisik yang diinginkan perusahaan seperti pengontrolan gerakan-gerakan tertentu agar karyawan bisa melakukan gerakan yang tepat. Pelatihan ini biasanya untuk aktivitas kerja yang banyak berhubungan dengan kegiatan fisik.
3.       Kategori afektif adalah pelatihan untuk membuat karyawan memiliki sikap tertentu sesuai dengan jabatan dan keinginan maupun kebutuhan perusahaan.
Berbagai sasaran kegiatan pelatihan karyawan di atas bisa dicapai dengan efektivitas pelatihan karyawan. Dengan diberikan pelatihan yang efektif maka karyawan dapat bekerja dengan baik dan sukses pada jabatan yang ditekuni. Jika karyawan bisa bekerja dengan baik dan sukses pastinya keuntungan perusahaan, organisasi, ataupun lembaga yang bersangkutan bisa meningkat.
Manfaat Pelatihan Karyawan
Pelatihan karyawan tidak hanya bermanfaat bagi perusahaan, instansi, atau lembaga tapi juga untuk karyawan itu sendiri.Berbagai manfaat yang bisa diperoleh karyawan dari pelatihan antara lain meningkatkan keterampilan dan pengetahuan, meningkatkan kepercayaan diri, membantu karyawan dalam mengatasi tekanan ataupun konflik, membantu karyawan untuk tidak takut ketika melakukan tugas baru, meningkatkan kepuasan kerja, dan masih banyak keuntungan lainnya.
Untuk perusahaan sendiri, pelatihan karyawan bisa memberikan manfaat seperti meningkatkan keuntungan perusahaan, mempererat hubungan bawahan dengan atasan, memperbaiki dan meningkatkan keterampilan maupun pengetahuan semua karyawan pada setiap level, membantu perkembangan perusahaan, dan lainnya.
Selain bisa memberikan manfaat pada karyawan dan perusahaan, pelatihan juga bermanfaat bagi manajer yakni tugas dan pekerjaan bawahan lebih lancar meski manajer tidak ditempat, mempunyai bawahan yang terampil maupun ahli, bisa menyerahkan lebih banyak pekerjaan dan memberikan tanggung jawab kepada anak buah, menunjang karir pribadi untuk bisa mendapatkan jabatan yang lebih tinggi, serta terhindar dari menangani pekerjaan kecil yang bukan porsi seorang manajer.Seluruh manfaat yang sangat berguna dan berpengaruh terhadap produktivitas kerja karyawan dan pengembangan perusahaan ini bisa diperoleh dengan efektivitas pelatihan karyawan.
Cara Mengukur Efektivitas Pelatihan Karyawan
Pelatihan karyawan setiap tahunnya biasanya diadakan oleh perusahaan, instansi, organisasi, ataupun lembaga lainnya. Tujuan dilakukannya kegiatan pelatihan untuk meningkatkan mutu, kinerja, daya saing, dan profesionalitas karyawan yang dimiliki. Untuk itu, kegiatan pelatihan karyawan yang telah dilakukan perusahaan dapat dikatakan efektif ataupun sukses bila tujuan yang diinginkan serta ditetapkan perusahaan tercapai.
Efektivitas pelatihan karyawan bisa dilihat dari meningkatnya keterampilan, pengetahuan, keahlian karyawan yang sudah dilatih. Pelatihan yang efektif dan sukses  akan membentuk pandangan serta cara berfikir karyawan menjadi sesuai dengan visi ataupun misi perusahaan.
Selain itu, pelatihan yang efektif dan sukses bisa menjadikan kompetensi seperti pengetahuan, sikap, perilaku, dan pengetahuan karyawan meningkat.Agar bisa mengetahui apakah pelatihan yang sudah dilakukan efektif dan sukses perlu dilakukan evaluasi. Dengan melakukan evaluasi maka dapat diketahui ketepatan dan efektivitas pelatihan karyawan yang sudah dilakukan.
Dampak Apabila Perusahaan Tidak  Melakukan Pelatihan Kerja Karyawan
Berikut merupakan dampak yang mungkin akan timbul jika perusahaan memilih untuk tidak melakukan training karyawan:
1.       Karyawan sering melakukan kesalahan dalam melakukan pekerjaannya.
2.       Hasil kerja karyawan tidak memenuhi standar kerja perusahaan.
3.       Timbul rasa tidak puas karyawan dan perusahaan yang berakibat saling menjelek-jelekkan.
4.       Kurangnya pengetahuan dalam menggunakan teknologi di perusahaan.
5.       Produktivitas kerja cenderung konstan, atau bahkan menurun.
6.       Loyalitas terhadap perusahaan cenderung rendah.

Daftar pustaka

3 comments:

  1. Artikelnya menarik dan bahasanya juga mudah dipahami, sangat bermanfaat:)

    ReplyDelete
  2. Sukses selalu ya kak dan tetep semangat menulis☺️

    ReplyDelete
  3. Beh keren abis dah, sukses ya kak ganjar. Artikelnya berguna bgt

    ReplyDelete