14.6.20

Di Rumah Aja: 5 Kegiatan Seru Untuk Mengusir Kebosanan

Exwati Miatari/ 19310410030
Fakultas Psikologi
Universitass Proklamasi 45 Yogyakarta
Dosen Pengampu : Arundhati Shinta, M.A.
Sudah hampir 3 bulan lebih Covid-19 menjadi salah satu permasalah di Indonesia. Menurut Ketua WHO Tendros Adhanom Ghebreyesus dalam suatu pertemuan di Janewa seperti dikutip AFP, Selasa (11/02/2020), Covid-19 merupakan singkatan dri ‘Co’ yang artinya ‘Corona’ ‘Vi yaitu ‘virus’, dan ‘d’ untuk ‘disease’ artinya penyakit, sedangkan 19 adalah tahun penemuannya di Kota Wuhan, Cina, pada 31 Desember 2019. Virus ini membuat banyak orang tidak bisa melakukan berbagai aktifitas seperti biasanya, dan mengharuskan untuk tetap tinggal dirumah saja. Hal tersebut tentunya sempat membuat masyarakat menjadi senang karena mereka dapat berdiam diri dirumah serta melakukan hal-hal yang mungkin tidak bisa mereka lakukan saat kondisi normal. Selain itu, mereka juga dapat berkumpul dengan keluarga selama dirumah yang terkadang hal tersebut jarang dilakukan akibat padatnya kegiatan setiap anggota keluarga. Namun, seiring berjalannya waktu masayarakat merasa bosan ketika hanya berada dirumah saja dan hanya bisa berpangku tangan tanpa bisa pergi keluar rumah.

 

Semenjak ada wacana PSBB berganti dengan New Normal, masyarakat kian menjadi resah akan hal tersebut. Sebab, semakin hari kasus virus ini semakin bertambah namun pemerintah akan menerapkan sistem New Normal. Hal tersebut sesuai dengan pendapat yang disampaikan Direktur Eksekutif Indef, Tauhid Ahmad saat dihubungi detikcom,  Jakarta, Senin (8/6/2020). bahwa "Saya kira masih terlalu dini karena kasusnya masih tinggi. Saya lihat betul masih terburu-buru". Dengan begitu semakin menambah kekhwatiran masyarakat akan pemberlakuan sistem New Normal ini. Memang kondisi seperti ini tak banyak dari masyarakat yang tergoda untuk keluar rumah, apalagi untuk beraktifitas yang melibatkan banyak orang dalam suatau perkumpulan. Selain tidak ada kepentingan, hal tersebut juga dilakukan untuk memutus angkka penyebaran covid.

        Pada kondisi seperti ini banyak dari masayarakat yang merasa bosan ketika hanya berada dirumah saja. Apalagi hanya bisa menatap tembok-tembok rumah yang kian hari menambah kebosanan masyarakat. Namun, dibalik kebosanan masyarakat ada  kegiatan-kegiatan seru yang bisa dilakukan ketika berada dirumah.

1. Dapat melakukan video call terhadap teman dan kerabat dekat. Untuk mengobati rasa kerinduan karena tidak dapat bertemu akibat adanya covid-19 yang masih berkeliaran.

Kebosanan dirumah bisa jadi disebabkan akan kurangnya interaksi dengan teman-teman dekat. Meskipun dalam kondisi dirumah aja dapat membuat individu berkumpul dengan keluarganya. Namun, individu tetap membutuhkan seorang teman. Terlebih banyak sekali kegiatan yang sering dilakukan ketika bersama.

2. Berkebun bisa menjadi solusi untuk mengatasi kegabutan saat dirumah.

Dalam mengisi waktu selama dirumah saja individu dapat melakukan kegiatan seperti berkebun. Selain dapat memanfaatkan lahan kecil dihalaman rumah, berkebun juga daat menambah rasa kecintaan kita terhaadap alam sekitar. Tak hanya itu saja, hasil dari panen kebun juga dapat dimanfaatkan untuk membuat masakan dirumah. Pada saat kita berkebun juga sangat bermanfaat, dibandingkan harus berdesak-desakan dipasar untuk mendapatkan sayur-sayuran. Dengan begitu masyarakat dapat terhindar dari virus dan penyakit.

3. Menambah Kegiatan memasak agar dapat mengembangkan potensi memasak terhadap individu.

Dalam urusan perut, tentunya individu selalu bisa memiliki banyak cara untuk mencairkan suasana. Banyak sekali diantara individu-individu yang kerap kali membuat masakan-masakan untuk memuaskan rasa lapar dalam perutnya. Terlebih dengan kondisi seperti ini, saat kita melakukan kegiatan memasak tentunya akan banyak manfaat yang kita dapatkan, seperti hemat uang, mengisi waktu luang, dan dapat menambah keahlian setiap individu dalam mengolah hasil masakan.

4. Lakuan olahraga rutin saat berada dirumah.

Saat kondisi seperti ini,banyak sekali masyarakat yang mengeluhkan akan kenaikan berat badan akibat aktifitas-aktifitas yang dilakukannya sangatlah minim namun mulut tak henti-hentinya untuk mengunyah makanan yang berakibat pada kenaikan berat badan. Selain itu, godaan yang paling berat yang dialami setiap individu ketika hanya dirumah saja ialah mereka banyak menghabiskan waktu untuk rebahan saja, bahkan hingga mengalami sakit pinggang. Nah, untuk itu perlunya olahraga secara rutin utuk dapat menjaga badan kita agar selalu sehat dan menjaga keseimbangan tubuh agar tetap terlihat ideal. Dalam kondisi seperni ini, olahraga adalah salah satu aktifitas yang dapat membantu individu untuk tetap menjaga kesehatan tubuh dan juga mengisi waktu luang. Karena olahraga tidak memerlukan banyak biaya yang harus dikeluarkan serta sangat mudah untuk dilakukan saat berada dirumah.

5.Menonton film.
Hal tersebut dapat dilakukan untuk mengatasi kebosanan ketika berada dirumah. Apalagi tidak perlu untuk keluar rumah, untuk dapat menonton film yang kita sukai. Cukup berada dirumah saja kita tetap bisa mengisi waktu kebosnan dengan menonton film. Bahkan menonton film juga dapat dilakukan bersama keluarga.

Dengan demikian, kita tak perlu merasa bosan lagi ketika berada dirumah. Banyak hal-hal yang positf dan tentunya dapat kita lakukan ketika berada dalam rumah. Selain itu, kita juga dapat terhindar dari wabah virus covid-19 karena menaati peraturan pemerintah untuk tetap dirumah saja dengan berbagai kegiatan yang dapat dilakukan saat dirumah dan dapat mengatasi kebosanan.


Daftar Pustaka:
Kusuma Hendra. 2020. Corona Masih Menyebar, Pemerintah Terburu-buru Mulai New Normal?.https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5044552/corona-masih-menyebar-pemerintah-terburu-buru-mulai-new-normal. Diakses (14/06/2020).

0 comments:

Post a Comment