11.6.20

Covid-19 : KENDALA KULIAH DARING SELAMA PANDEMI


PhrahastiSitoResmi / 19310410038
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
DosenPengampu : Dr. ArundatiShinta, MA



Kuliah daring merupakan sistem kuliah yang dilakukan dalam jaringan atau sistem e-learning. Dilakukannya kuliah daring karena adanya virus covid-19 yang belum bisa diatasi sampai sekarang, solusi satu-satunya yaitu tetap stay dirumah dan selalu jaga kesehatan. Kuliah daring sekarang banyak dilakukan oleh banyak Universitas Tinggi di Indonesia, dimana kuliah ini diselenggarakan dengan lokasi yang berbeda antara dosen   dengan mahasiswa. Dengan komunikasi menghubungkan antara dosen dan mahasiswa untuk menjalankan kuliah dengan baik dan lancar. Perkembangan teknologi yang sudah canggih pada zaman sekarang kini media komunikasi  yang digunakan saat kuliah daring berupa whatshap, facebook, google classroom, zoom, email, dan aplikasi canggih lainnya. Dosen memberikan perkuliahan secara langsung melalui video, mengirimkan materi, dan bisa juga lewat via video call. Dengan cara itu dosen bisa memberikan materi  dan berdiskusi dengan mahasiswa dengan lancar.
Akibat bahayanya covid-19 Mahasiswa dihimbau untuk melakukan kuliah secara online ditempat masing-masing. Kebijakan ini dilakukan demi kebaikan bersama yaitu untuk memutus rantai penyebaran virus. Untuk mengurangi kegiatan diluar  dan berkumpul dengan banyak orang. Kuliah dirumah bukan berarti mahasiswa bebas keluar rumah atau liburan. Tujuan diadakan kuliah online ini agar mahasiswa mengurangi interaksi dengan orang-orang yang akan mengakibatkan penularan virus covid-19.
Ada beberapa kendala yang dialami oleh banyak mahasiswa selama adanya daring ini yaitu tugas yang menumpuk akibat banyak materi yang tertinggal. Hal ini banyak dikeluhkan mahasiswa. Mahasiswa banyak yang merasa keberatan jika dibebankan tugas terlalu banyak. Hal ini tentu akan membuat mahasiswa stress dan tentunya akan menurunkan imunitas tubuh. Padahal dalam kondisi seperti ini imun tubuh yang baik sangat diperlukan untuk melindungi tubuh dari virus. Namun  karena banyaknya tugas membuat mahasiswa harus lembur sampai larut malam akibat dikejar deadline. Untuk itu semoga dosen mampu mengerti agar tidak  terlalu memberi beban mahasiswa. Dalam kondisi seperti ini diharapkan semua pihak bisa saling membantu dan bekerjasama.
Selain tugas, kendala yang dialami mahasiswa yaitu kendala jaringan saat kuliah online berlangsung. Karena tidak semua daerah mempunyai jaringan yang memadai. Sering mahasiswa tidak mengerti apa yang disampaikan oleh dosen. Jangankan online kuliah secara offline saja banyak yang sulit dimengerti. Meskipun ada sesi Tanya jawab hal itu kurang membantu. Karena orang cenderung tidak akan bertanya karena tidak tahu apa yang ingin ditanyakan. Itulah beberapa kendala yang dialami mahasiswa selama daring. Untuk itu dibutuhkan kerjasama antara dosen dan mahasiswa agar Kendala tersebut bisa diatasi sembari menunggu pandemic ini berakhir.

2 comments:

  1. Iya nih menurut aku kuliah daring kurang efektif karna mungkin lembaga belum siap akan kekurangan kekurangan kuliah daring ini dan juga kendala signal yang tidak semua daerah berjalan lancar serta kemampuan pelajar dalam membeli kuota internet yang mahal karna subsidi dari lembaga yang kurang maxsimal

    ReplyDelete
  2. Baik dan menurut saya kuliah daring kurang efektif

    ReplyDelete