12.6.20

“Bagaimana cara kita untuk mengatasi stres pada saat ini”





Sudah kita ketauhi bahwa stres adalah reaksi tubuh ketika seseorang menghadapi tekanan, ancaman, atau suatu perubahan. Seseorang biasanya mengalami stres ketika tuntunan yang diberikan padanya lebih besar dari kemampuannya untuk mengatasinya. Stres merupakan reaksi yang sepenuhnya wajar dialami semua orang dari waktu ke waktu ketika dihadapkan pada situasi yang membuat merasa tertekan apa lagi saat ini yang sedang kita,semakin hari civid19 ini semakin bertambah di indonesia dan semakin banyak orang di PHK sehingga mereka jadi pengangguran,dan mahasiswa yang kuliah online dll. Semua itu bisa membuat kita stres,seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Stres bisa terjadi pada siapa saja,namun memiliki kondisi seperti kurang gizi,tidur kurang cukup,dan tidak sehat secara fisik akan meningkatkan resiko seseorang tertekan stres . penyebab stres merupakan reaksi yang baik karena bisa membantu seseorang menyadari situasi yang bahaya atau mengancam, sehingga berusaha untuk keluar dari situasi tersebut. Saat mengalami stres,tubuh akan secara alami melepaskan hormon yang disebut kortisol dan adrenalin ,penyebab umum seseorang mengalami stres.
- berada dibawah banyak tekanan
- menghadapi perubahan yang besar
- tidak memiliki kemanapun untuk mengatasi situasi
- tidak memiliki cukup perkerjaan atau aktivitas
- masa-masa yang tidak tentu
Stres tidak boleh dibiarkan begitu saja karena semakin parah stres yang dialami,maka kehidupan kita akan semakin terganggu dan bagaimana cara kita untuk mengatasinya, cara yang pertama kita bisa mendengarkan lagu karena dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa tingkat hormon stres(kortisol) subyek penelitian lebih bendah ketika mereka mendengarkan musik karena dengan kita mendengarkan musik kita bisa lebih baik. Dan yang ke dua adalah dengan cara menuliskan hal-hal yang membuat kamu stres, Menuliskan isi pikiran kamu dapat menjadi serana mengekspresikan emosi yang baik sebagai cara mengatasi stres dan sekaligus kamu mendapat wawasan yang luas.


Referensi
https://www.halodoc.com/kesehatan/stres?gclid=CjwKCAjwkun1BRAIEiwA2mJRWYCTP_C_BqG-mMA9iUVTGs8WkKz5iME0oMnqJDrcXWAsWdlV_5EPUBoCKUoQAvD_BwE.
https://www.sehatq.com/artikel/cara-mengatasi-stres.


0 comments:

Post a Comment