15.6.20

APA SAJA TANTANGAN MANAJEMEN SDM?

APA SAJA TANTANGAN MANAJEMEN SDM?



Tri Wahyu Ningsih / 19310410026
Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA.
Fakultas Psikologi 
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Manajemen Sumber Daya Manusia adalah suatu sistem yang berfungsi dalam sebuah perusahaan atau organisasi yang fokus pada kegiatan rekrutmen, pengelolaan dan pengarahan untuk orang-orang yang bekerja dalam perusahaan tersebut. MSDM secara fungsional memiliki beberapa fungsi, dimana fungsi-fungsi tersebut terkait satu dengan lainnya, dan aktivitas yang dijalankan oleh MSDM sesuai dengan fungsi yang dimilikinya, dengan tujuan peningkatan produktivitas, kualitas kehidupan kerja dan pelayanan. Fungsi perencanaan (planning) merupakan fungsi MSDM yang dinilai esensial, karena menyangkut rencana pengelolaan SDM organisasi baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang dimana hal tersebut berkaitan erat dengan operasionalisasi organisasi dan kelancaran kerja yang ada di dalamnya.



MSDM bertujuan untuk meningkatkan kontribusi SDM untuk mencapai tujuan organisasi yang secara sosial dan etis dapat dipertanggungjawabkan. Setiap MSDM dalam organisasi menghadapi berbagai tantangan yang berasal dari luar dan dalam organisasi tersebut, hal ini disebut sebagai tantangan Manajemen Sumber Daya Manusia. Tantangan yang jelas bagi MSDM terletak pada sifat yang unik dari sumber daya yang digunakan SDM tidak seperti sumber daya lain yang manapun, karena manusia memberikan reaksi terhadap lingkungan mereka dengan cara yang paling sensitive dan tidak selalu sesuai dengan cara yang dikehendaki. Tantangan itu secara lebih spesifik dapat bersumber dari;

  • Tantangan eksternal
     Kekuatan eksternal yang memengaruhi aktivitas bisnis perusahaan yang juga memengaruhi aktivitas Manajemen SDM, baik secara langsung maupun tidak langsung. Keseluruhan keadaan atau pengaruh yang bersumber dari lingkungan eksternal yang dapat menyulitkan dan menghambat usaha peningkatan fungsi sumber daya manusia, tetapi harus diperhitungkan karena pertumbuhan dan perkembangan tersebut pasti berpengaruh baik positif atau negatif terhadap organisasi. Tantangan ini dapat bersumber dari;
a.       Keadaan dan perubahan tenaga kerja
Keadaan tenaga kerja yang mempunyai berbagai macam latar belakang budaya, nilai, usia, tingkat pendidikan dan kemampuan yang dibawa pegawai ke dalam organisasi mempunyai dampak terhadap MSDM dalam upaya mengembangkan praktek-praktek dan kebijaksanaan sumber daya manusia yang tepat.
b.      Keadaan dan perubahan teknologi
Teknologi dapat merupakan tantangan MSDM karena perubahan teknologi dapat mengakibatkan perubahan gaya hidup masyarakat seperti berbelanja melalui internet. Segi lainnya adalah timbulnya persepsi yang mengatakan bahwa pemanfaatan teknologi akan berakibat tergesernya manusia dalam proses produksi.
c.       Keadaan dan perubahan ekonomi dan persaingan
Tingginya inflasi mengakibatkan pemerintah menaikkan suku bunga, mengakibatkan tingginya harga barang yang berakibat pada permintaan yang menrun dan mempengaruhi aktivitas bisnis, sebaliknya mempunyai dampak terhadap MSDM dalam penyediaan tenaga kerja. Saat permintaan meningkat, perusahaan merekrut banyak tenaga kerja, ketika permintaan menurun mengakibatkan aktivitas juga menurun sehingga membuat tenaga kerja menurun. Perubahan dramatis saat ini dan masa mendatang terjadi dalam;
·         Peningkatan otomatisasi
·         Peningkatan peralihan produksi ke negara yang murah tenaga kerja
·         Peningkatan outsourcing dari pekerjaan ke perusahaan lain
·         Kebutuhan tenaga kerja dengan beban kerja lebih besar
d.      Keadaan dan perubahan pemerintahan
Tantangan ini menyangkut peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, misalnya peraturan ketenaga kerjaan seperti gaji minimum, tidak diperkenankannya perbedaan suku, ras dan lain-lain.
2.   
  •           Tantangan internal

Tantangan MSDM yang berasal dari dalam atau internal organisasi perusahaan untuk mengejar sasaran ganda, sehingga memerlukan trade-offs antara tujuan finansial, pemasaran, produksi, personalia, dan lain-lain. Elemen ini terdiri dari;
a.       Posisi organisasi dalam bisnis yang kompetitif
Organisasi atau perusahaan yang kompetitif, diwujudkan dengan berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan SDM. Usaha dapat dilakukan dengan mendesain sistem pemeberian upah atau jasa yang mampu memberikan motivasi berlangsungnya kompetisi prestasi antar para pekerja.
b.      Fleksibelitas
Dengan meminimalisir kecenderungan mengangkat pekerja regular (tetap), pengangkatan akan lebih baik jika difokuskan pada pemanfaatan tenaga kerja temporer (tidak tetap).
c.       Pengurangan tenaga kerja
Pengurangan pekerja dilakukan sebagai bentuk keharusan saat manajemen SDM dalam perusahaan sedang mengalami permasalahan seperti resesi, penurunan harga, berkurangnya aktivitas bisnis.
d.      Tantangan restrukturisasi
Langkah penyesuaian struktur organisasi atau korporasi karena dilakukan pelebaran atau penambahan dan sebaliknya juga peminimalisiran kegiatan bisnisnya.
e.       Bisnis kecil
Dikemukakan diatas yang terdiri dari banyak anak perusahaan yang saling memiliki ketergantungan dalam produk berupa barang atau jasa yang dihasilkan sebagai perwujudan net work dalam berbisnis sebagai perusahaan raksasa yang sudah ada dan tersebar diberbagai lokasi.
f.       Budaya organisasi
Perusahaan akan mewarnai dan menghasilkan perilaku atas kegiatan berbisnis secara operasional yang tanpa disadari akan menjadi kekuatan yang mampu dan tidak mampu menjamin kelangsungan eksistensi oraganisasi.
g.      Teknologi
Teknologi juga berhubungan dengan pengembangan sikap dalam menerima perubahan cara kerja.
h.      Serikat pekerja
Serikat pekerja harus berusaha agar tidak menjadi penghambat proses produksi dengan tidak menempatkannya sebagai lawan.

  
Referensi
Elbadiansyah. (2019). MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA. Malang. CV IRDH.
Hariandja, Marihot Tua Efendi. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung. Grasindo.
Thamrin. (2015). Perencanaan Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta. Deepublish.
Referensi Gambar
http://manajemen-sdm.com/perencanaan-sdm/kendala-kendala-dalam-perencanaan-sdm/

0 comments:

Post a Comment