15.6.20

Bahaya Sampah Plastik

Fadilaturochman Tririzki Permana

NIM 183104101189

Psikologi Lingkungan  
Ujian Akhir Psikologi Industri (Semester Genap 2019/2020)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta
 
Seperti yang kita ketahui penggunaan sampah plastic di masyarakat memiliki funsional yang sangat tinggi hal ini memberikan dampak yang buruk bagi ekosistim yang ada. Sampah plastik yang susah terurai ini akan mencemari lingkungan skitar kita.Hal ini seperti yang disampaikan  Cahyono (2017) the use of plastic bags — not biodegradable — causes a significant increase of plastic waste. The recycling of plastic waste is not easy to be obtained, because it can be found with the significant quantities in landfills and also in the street causing the adverse impacts on health and strong environmental damage.

Banyak cara dilakukan untuk mengurangi potensi pencemaran dari sampah plastic, Salah satunya adalah penggunaan tas belanja yang dapat di gunakan berkali kali sampai kantong kresek ramah lingkungan. Hal ini ditujukan untuk masyarakat bahwa sampah plastik sekecil apapun akan mencemari lingkungan karena susah untuk diurai. Namun efisiensi dari Kantong kresek sendiri ternyata membuat masyarakat kita tertuu pada hal tersebut karena harga murah dan tidak repot dalam membawanya.
Dampak Sampah plastik sendiri sangatlah beragam dari pencemaran tanah jika kita kubur ditanah,   pencemaran udara jika kita membakar plastic, pencemaran air jika sampah plastik tersebut masuk dalam sungai atau parit. Hal tersebut seharusnya membuka pikiran kita bahwa ada bahaya yang penyebabnya dari perilaku kita sendiri.
Sampah plastik ini ternyata telah merubah banyak hal dilingkungan kita bahkan tanpa kita sadari hal itu juga mempengaruhi kehidupan kita. Seperti kasus Ternak sapi Pemakan sampah di TPA(Tempat pembuangan akhir), peternak dalam hal ini memanfaatkan sampah yang ada di TPA untuk dikonsumsi oleh sapi (www.merdeka.com).
Indonesia sendiri sebagai negara kepulauan memiliki laut yang sangat luas, sehingga bsa dipastilan akan mempunya potensi yang lebih besar dalam pencemaran lalut. Hal yang sangat menghawatirkan terjadi pada pencemaran laut adalah banyak hewan yang mati mengenaskan dikarenakan sampah plastik ini. Banyak ditemukan di belahan dunia tentang hal-hal tersebut.
Kita memang tidak mungkin menghilangkan sampah plastik yang ada. Namun kita bisa meminimalisir penggunaan plastik sehingga konsumsi plastik dapat dikurangi dan membantu bumi ini untuk leih sehat lagi. Penggunaan barang plastik dengan mengganti ke barang yang bisa digunakan berkali - kali seperti botol minuman atau tas belanja dari kain. Hal tersebut tentunya bisa mengurangi bahaya dari dampak sampah plastik.

Referensi:
-     Cahyono, Sigit . Ucik Ika Fenti Styana. 2017. Influence of Heating Rate and Temperature on the Yield and Properties of Pyrolysis Oil Obtained from Waste Plastic Bag.  Conserve: Journal of Energy and Environmental Studies (CJEES), Vol.1, No.1,  pp.1 – 8
-     merdeka.com.(2018, 17 Agustus). Diternak di TPA, sapi pemakan sampah boleh dikonsumsi asal penuhi syarat ini. Diakses pada 13 juni 2020 https:///peristiwa/diternak-di-tpa-sapi-pemakan-sampah-boleh-dikonsumsi-asal-penuhi-syarat-ini.html


0 comments:

Post a Comment