7.6.20

APA PERAN PENTING ORANG TUA UNTUK BELAJAR ANAK DI MASA PENDEMI COVID-19 ?


Oleh :
 Poppy Intan Permatasari/ 19310410013
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta
Dosen Pembimbing: Dr. Arundati Shinta, MA.

 Pandemi virus corona masih berlangsung, banyak orang terpaksa berdiam di rumah masing-masing demi memutus rantai penyebaran covid-19. Sebagai upaya untuk mengatasi wabah ini, pemerintah telah memberikan himbauan untuk tetap dirumah saja. Pemerintah juga terpaksa meliburkan sementara sekolah sekolah di Indonesia, baik itu sekolah formal  maupun sekolah non-formal. Ini semua kebijakan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Kebijakan tersebut dituangkan dalam Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19). Akibatnya banyak anak-anak, siswa, dan mahasiswa terpaksa menjalani study di rumah masing-masing.
Keluarga adalah lembaga informal pendidikan. Dalam lembaga ini penanggung jawab utamanya orang tua. Jika dikaitkan dengan ketentuan dalam surat edaran di atas, maka selama anak belajar di rumah maka orang tua harus memberikan pendidikan kecakapan hidup mengenai pandemi COVID-19. Dalam memberikan kecakapan hidup tersebut orang tua memiliki kebebasan dalam proses pembelajaran. Hal ini dinyatakan dalam Pasal 27 Ayat 1 UU RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Menurut Pasal tersebut, kegiatan pendidikan informal yang dilakukan oleh keluarga dan lingkungan berbentuk kegiatan belajar secara mandiri.


Orang tua juga memiliki peran yang sangat penting dalam hal ini baik secara phisic maupun psikologis. Anak yang tak bisa bermain dan belajar diluar rumah terpaksa menjalani hari-hari di rumah cenderung mengalami penurunan semangat. Perlu diketahui bahwa dukungan mental sangat diperlukan untuk anak-anak dalam menghadapi pandemi ini. Banyak dari mereka akan merasa sedih karena tak bisa bertemu dengan teman-teman mereka. Sebagian lagi mungkin akan sedih karena merindukan suasana sekolah. Yang orang tua perlu lakukan adalam memberikan dukungan kepada mereka. Dukungan bisa dengan cara memebrikan waktu berharga bersama keluarga, ini akan sangat membantu anak agar terbebas dari rasa kesepian.


Cara  untuk mengatasi edukasi yang tertinggal akibat pandemi covid-19, orang tua bisa merekomendasikan kelas belajar online kepada anak. Tentu saja tetap dengan pengawasan dan pendampingan orang tua. Ini akan memeberikan semangat tersendiri bagi anak untuk belajar di rumah bersama orang tua. Banyak jenis kelas online yang bisa diikuti, bahkan bukan hanya pelajaran formal saja namun kelas online juga bisa mengasah bakat non formal anak. Memberikan pembelajaran untuk melaih kreatifitas anak juga bisa menjadi solusi untuk mengisi waktu luang anak agar anak tidak merasa bosan. Dengan begitu anak tidak akan ketinggalan pelajaran atau materi yang biasa diberikan oleh gurunya disekolah. Biar tidak bosan juga setiap belajarnya dikombinasi dengan permainan agar anak merasa senang.

Daftar Pustaka :

Sumber Gambar :




0 comments:

Post a Comment