16.5.20

                           TIPS SUKSES TRAINING
   


                        PSIKOLOGI INDUSTRI DAN                       
      ORGANISASI
       Dosen Pengampuh: Dr. Arundati Shinta, MA.

                            WINDYANGRENI MIKA
                                      19310410047




Tidak semua kemampuan (skill) yang diperlukan pada duni kerja didapatkan dari sekolah formal, hal ini dikarenakan kemampuan (skill) yang diperlukan tersebut lebih spesifik dan fokus dengan apa yang akan ditugaskan. Karena setiap perusahaan juga memiliki budaya yang berbeda, dan budaya-budaya tersebut pastinya berbeda dengan budaya yang ada disekolah. Oleh karena itu, setiap karyawan memerlukannya Training atau Pelatihan yang dapat memenuhi kebutuhan dan standar dimana karyawan tersebut akan bekerja, serta agar dapat mencocokkan pribadi karyawan terhadap budaya yang ada pada perusahaan yang bersangkutan. Menurut ahli MSDM Gary Dessler, Training atau Pelatihan adalah sebuah proses mengajar keterampilan yang sangat dibutuhkan oleh karyawan baru maupun yang lama untuk melakukan pekerjaannya.

Menurut Gomes (1997 : 197), “Pelatihan kerja adalah setiap usaha untuk memperbaiki prestasi kerja pada suatu pekerjaan tertentu yang sedang menjadi tanggung jawabnya. Idealnya, pelatihan harus dirancang untuk mewujudkan tujuan – tujuan organisasi, yang pada waktu bersamaan juga mewujudkan tujuan – tujuan para pekerja secara perorangan. Pelatihan sering dianggap sebagai aktivitas yang paling umum dan para pimpinan mendukung adanya pelatihan karena melalui pelatihan, para pekerja akan menjadi lebih trampil dan karenanya akan lebih produktif sekalipun manfaat – manfaat tersebut harus diperhitungkan dengan waktu yang tersita ketika pekerja sedang dilatih” . Beberapa tujuan dari diadakannya training kerja adalah untuk dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan bagi karyawan yang baru maupun lama, mengembangkan keahlian atau keahlian karyawan agar dapat bekerja secara efektif dan efisien, mengubah dan membentuk sikap karyawan, dan lain sebegainya.
Training bagi para pekerja tentu saja merupakan hal yang sangat penting.

Berikut ini adalah beberapa tips agar dapat suksek dalam menjalani kegiatan training kerja.

1. Menghargai waktu
Seperti yang diketahui bersama waktu merupakan suatu hal yang begitu sangat berharga, karena itu maka hargailah waktu sesingkat apapun itu. Seperti saat berada didunua kerja, wakyj merupakan hal yang menjadi penilain penting. Datang ke tempat kerja lebih awal adalah hal wajib yang harus dilakukan pada masa orientasi karyawan baru. Dengan datang tepat waktu, menunjukkan bahwa Anda merupakan seorang yang menghargai waktu. Jika telah terbiasa datang lebih awal pada masa orientasi karyawan, maka hal itu akan terbiasa unyuk selalu tepat waktu dan tentu saja, hal tersebut akan menjadi kebiasaan yang baik.

2. Bersikap profesional
Bersikap profesional menjadi sebuah keharusan sebagai seorang karyawan, baik yang masih baru maupun yang sudah puluhan tahun bekerja. Bersikap sopan, tidak memotong pembicaraan dan menjadi penyimak yang baik saat seseorang memberi penjelasan menunjukkan bahwa Anda adalah seseorang yang menghargai orang lain.

3. Senyum dan tampilkan rasa percaya diri
Terapkan sikap bersahabat dan bersiap untuk bertemu dengan orang baru, berusahalah untuk dapat menjalin pertemanan  dengan orang yang ada ditempat itu juga.

4. Tetap berpikiran terbuka dan terus beradaptasi
Kantor adalah suatu tempat di mana terdapat banyak kepribadian yang mungkin berseberangan dengan kepribadian yang kamu miliki. Jangan tanggapi segala sesuatu terlalu personal, tampilkan bahwa kamu mampu menunjukkan performa terbaik yang kamu miliki.

5. Ambil inisiatif
Jika, pekerjaan yang lain telah selesai dan kemudian masih ada pekerjaan yang belum selesai, maka cobalah untuk mengambil alih pekerjaan tersebut. Minta beberapa pekerjaan tambahan jika merasa yakin dapat menyelesaikannya.
Itulah beberapa tips yang dapat digunakan untuk dapat meraih kesuksesan saat mengikuti training bagi para pekerja. Tetap ingat untuk dapat menggunakan waktu yang dimiliki sebaik mungkin untuk dapat meningkatkan kemampuan yang telah dimiliki sambil berlatih skill yang baru. Tidak akan ada usaha yang menghianati hasil, jadi jngan pernah berfikir untuk menyerah.


Daftar Pustaka
https://ilmumanajemenindustri.com/pengertian-training-pelatihan-tahap-pelatihan/
https://www.pointplustraining.com/tujuan-dan-manfaat-pelatihan-kerja-bagi-karyawan/
https://www.duniakaryawan.com/tips-orientasi-karyawan-baru/

0 comments:

Post a Comment