13.5.20

Psikologi Sosial I



Bijaklah Dalam Menggunakan Media Sosial

Putri Sartika/19310410001
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
Dosen Pembimbing :
Dr.,  Dra. Arundati Shinta, MA


Pada abad ke-20 ini, tidak bisa dihindari lagi bahwa perkembangan teknologi semakin pesat dan maju. Namun, perkembangan zaman teknologi tersebut bisa berdampak positif atau negatif.  Secara garis besar, social media merupakan media online yang mendukung seseorang untuk berinteraksi melalui internet atau situs-situs baik berbasis website atau aplikasi yang dapat terhubung dengan jaringan internet seperti Whatssap, Facebook, Twitter, Instagram dan lain-lain.

Media sosial saat ini tidak diimbangi dengan penggunaan yang sesuai dengan kebutuhan. Banyak yang memanfaatkan media sosial sebagai sarana memberikan komentar yang negatif. Dampak dari hal tersebut, tidak bisa diungkiri lagi bahwa itu bisa menyudutkan pihak lain yang memang tidak bersalah.

Pada hakikatnya kita harus saling menghargai dan tidak saling menyebarkan ujaran kekesalan melalui media sosial yang belum tentu benar. Kebanyakan dari kita yang hanya  membaca isi topik dari postingan tersebut itu hanya membaca judulnya atau hanya membacanya sekilas saja lalu kemudian menshare atau berkomentar di postingan topik tersebuut itu dengan sangat mudah, sebenarnya itu adalah hal yang tidak bijak karena belum tentu judul berita akan sesuai dengan isi berita tersebut.

Ada baiknya sebelum menshare atau berkomentar pada suatu topik postingan tersebut, kita baca dengan cermat dulu isi topik dari postingannya dan pastikan isi topik tersebut tidak ada unsur kepentingan yang bisa merugikan beberapa pihak dan menguntungkan pihak lain.

Referensi :

1 comment: