13.5.20

Psikologi Industri dan Organisasi


Tips membagi waktu antara WFH dengan keluarga

            Putri Sartika/19310410001
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
Dosen Pembimbing :
Dr.,  Dra. Arundati Shinta, MA 

  

Bekerja di rumah tentu saja bukan perkara yang mudah, sebab dibutuhkan manajemen waktu yang baik agar pekerjaan bisa selesai sesuai dengan timeline yang sudah ditetapkan. Belum lagi Anda juga harus membagi waktu antara pekerjaan kantor dan urusan rumah; seperti memasak, memenuhi kebutuhan semua anggota keluarga, mengurus urusan sekolah anak-anak, dan hal-hal lainnya.

Bekerja dari rumah bersama anak yang masih kecil juga menjadi tantangan tersendiri bagi para ibu yang pekerja. Ibarat kata, para ibu diminta untuk memilih antara fokus bekerja atau mengurus anak. Ketika jam kerja orang tua dan jam sekolah di rumah berada di waktu yang sama, orangtua cenderung sulit untuk fokus menyelesaikan pekerjaannya atau menemani anaknya yang sedang bermain atau belajar.

Lalu, apa yang harus dilakukan orangtua, agar pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik, anak-anak bisa belajar dengan lancar, dan bisa berkumpul dengan anggota yang lainnya ?

Berikut ada beberapa tips untuk bisa membagi waktu antara WFH dengan keluarga :

1.      1. Berikan pemahaman dan empati pada anak.

Beberapa anak mungkin tidak mengerti apa yang sedang terjadi sehingga anak tidak bisa pergi ke sekolah dan melihat kamu membatasi mereka dengan cara yang tampaknya tidak masuk akal.

"Jelaskan kepada anak bahwa kita semua berusaha menjaga orang-orang di sekitar kita

2.      2. Buat to-do-list dan jadwal harian

Bagi para orang tua yang bekerja di rumah sering kali gagal dalam hal time management karena sulit memisahkan waktu untuk bekerja dan waktu untuk keluarga. Salah satu cara untuk mengatur waktu dengan efisien adalah dengan membuat to-do-list atau daftar kegiatan yang akan dilakukan  selama seharian. Daftar ini bisa membantu kita menyelesaikan pekerjaan dan berbagi waktu dengan keluarga.

3.      3. Berbagi tugas dengan keluarga yang lainnya.

Para kedua orang tua bisa membagi waktu antara perkerjaan dan mengurus anaknya. Agar komunikasi dengan rekan kerja berjalan baik, maka para orang tua  membuat kesepakatan bersama untuk berbagi tugas sesuai jam kerja mereka. Maka, ketika jam kerja ayah sudah selesai, maka tugas ayah yang menemani atau mengajak anak bemain dan begitupun sebaliknya.

https://kumparan.com/kumparanwoman/7-tips-bekerja-efektif-selama-masa-work-from-home-1tGEH4Aa7Sc

 



1 comment: