20.5.20

Psikologi Industri & Organisasi



Tips Agar Tetap Produktif Selama WFH

Putri Sartika/19310410001
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
Dosen Pembimbing :
Dr.,  Dra. Arundati Shinta, MA
 


 Work from home (WFH) menjadi salah satu skema yang dianjurkan sejumlah perusahaan di dunia untuk mencegah penyebaran Covid-19.  Akan tetapi, untuk mengimplementasikan WFH dibutuhkan solusi teknologi yang dapat mendukung produktivitas karyawan selama mereka ada di rumah. Bekerja di rumah tentu saja situasinya akan berbeda dibandingkan dengan bekerja di kantor. Mulai dari suasana hingga manajemen waktu. Belum lagi kamu yang juga harus melakukan berbagai aktivitas di rumah, seperti memasak, mengurusi binatang peliharaan, hingga membersihkan ruang kerja atau kamar.

Suasana kamar atau rumah yang nyaman justru akan membuat kita menunda pekerjaan tersebut karena sudah nyaman dengan suasana dilingkungan sekitar. Agar pekerjaan kita tidak tertunda selama masa WFH tersebut, berikut ada beberapa tips agar kita tetap prdokutif walau sedang WFH :
1.      Atur waktu bekerja
Bekerja di rumah memang membutuhkan konsentrasi. Jika kamu berada di kantor, sangat mudah untuk membuatmu fokus terhadap apa yang sedang kerjakan. Karena, suasana begitu mendukung untuk bekerja dan fokus terhadap suatu pekerjaan tersebut.
Namun, kita bisa memulai untuk membuat jadwal sehingga kamu memiliki pengaturan waktu bekerja. Misalnya, dengan menyamakan jadwalmu di kantor dengan di rumah. Jika kamu biasanya mulai bekerja pukul 08.00 pagi, maka bekerjalah di rumah pada jam yang sama, dan terapkan juga manajamen waktu di rumah seperti di kantor.
2.      Tentukan Waktu Istirahat
Biasanya, waktu akan berjalan begitu cepat saat kamu bekerja di rumah, dibandingkan dengan bekerja di kantor. Untuk itu, jangan biarkan dirimu tenggelam dalam pekerjaan dan lupa akan waktu untuk beristirahat. Tentukan waktu untuk makan siang dan istirahat sejenak dari laptop atau gadget.
3.      Komunikasi yang Baik
Meski kamu berada jauh dari atasan dan juga rekan kerja lainnya, bukan berarti bebas untuk bersantai di rumah dan menunda pekerjaan. Tapi, bukan berarti kamu harus berada di depan komputer atau laptop tanpa henti. Jika ingin beristirahat dari pandangan laptop atau komputer, utarakan niatmu dan izinlah kepada rekan kerja. Meski bekerja di rumah, komunikasi dalam satu tim harus tetap baik.
Referensi:
https://www.liputan6.com/tekno/read/4216181/tak-cuma-andalkan-teknologi-ini-5-tips-work-from-home-agar-tetap-produktif

1 comment:

  1. Terima kasih kak, informasi dari artikel sangat membantu. Semangat

    ReplyDelete