18.5.20

Pentingnya Wawancara dalam Seleksi Kerja


Pentingnya Wawancara dalam Seleksi Kerja


Trias Sabila Rahmah
19310410036
Mata Kuliah : Psikologi Industri dan Organisasi
Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA

Ada banyak tes yang diterapkan oleh perusahaan untuk mendapatkan karyawan terbaik yang sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan tersebut. Salah satunya adalah tes wawancara. Wawancara adalah salah satu hal yang harus dilalui saat ada lowongan pekerjaan yang sudah dilamar. Wawancara merupakan komunikasi dua pihak dan mempunyai tujuan. Dalam kesempatan ini akan disampaikan tentang bagaimana menghadapi wawancara pada tahap awal bagi pencari kerja. Dalam penerimaan suatu tenaga kerja, wawancara adalah tahap proses seleksi. Dilakukan untuk memastikan calon tenaga kerja yang sesuai dengan hasil test sebelumnya kemudian bertemu langsung. Pertemuan itu agar mengetahui cara berpikir dan sikap kerja.

Yang dimaksud dengan wawancara menurut Nazir (1988) adalah proses memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara tanya jawab sambil bertatap muka antara si penanya atau pewawancara dengan si penjawab atau responden dengan menggunakan alat yang dinamakan interview guide (panduan wawancara). Walaupun wawancara adalah proses percakapan yang berbentuk tanya jawab dengan tatap muka, wawancara adalah suatu proses pengumpulan data untuk suatu penelitian.

Wawancara merupakan hal yang penting bagi perusahaan dalam perekrutan karyawan. Dengan melakukan wawancara biasanya seorang penguji akan mengetahui kepribadiannya. Wawancara adalah salah satu tes yang biasa kita jalani saat mencari pekerjaan. Dan pada tahap ini tidak sedikit orang yang gagal melewatinya. Karena pada dasarnya dalam tahap ini akan menjadi tahap yang menentukan kita pantas atau tidak untuk bekerja di dalam perusahaan tersebut.

Tujuan dari wawancara dalam seleksi adalah untuk mengakses informasi tentang kandidat yang dapat atau memiliki prediksi  yang valid untuk membuat performansi masa depan, dari individu yang akan di wawancarai, dalam hal pekerjaanya, yang juga prediksi ini merupakan perbandingan yang di buat untuk kandidat lain.

Wawancara dalam kajian psikologi mempunyai peran penting dalam psikodiagnostik sebagai metode untuk mendapatkan data maupun mencocokkan konstansi yang telah ditetapkan berdasar atas metode-metode lain. Terutama dalam keadaan-keadaan di mana diperlukan perlakuan secara individual , metode wawancara ini mempunyai peran yang sangat besar.

Interview atau wawancara menjadi salah satu metode yang sering digunakan perusahaan untuk menilai tidaknya seseorang untuk bekerja dilihat dari bagaimana sikap, cara berkomunikasi, dll. Dari beberapa fungsi wawancara yang telah dijelaskan diatas dapat disimpulkan bahwa dalam ilmu psikologi wawancara dinilai sangat tepat untuk mengetahui atau menilai kepribadian seseorang. Interview yang dilakukan secara tertutup, mendalam, atau pribadi akan membantu untuk melihat dan mengetahui secara jelas dan mudah karakter, kepribadian, tingkah laku, atau mental seseorang.

Referensi :
Nazir. 1998. Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia
https://www.kompasiana.com/wendynovianto.com/54f460967455137d2b6c8a06/pentingnya-wawancara-saat-melamar-kerja (Diakses pada 17 Mei 2020)
https://dosenpsikologi.com/fungsi-interview-dalam-psikologi (Diakses pada 17 Mei 2020)

0 comments:

Post a Comment