15.5.20

Pentingnya Pelatihan Kinerja Terhadap Karyawan


Phrahasti Sito Resmi / 19310410038
PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI
Dosen Pengampu :Dr. ArundatiShinta, MA




Dalam perusahaan untuk melakukan pelatihan karyawan itu sanga tpenting untuk perusahaan agar karyawan bisa bekerja dengan baik dan paham yang akan dilakukan dan dikerjakan. Seiring berkembangnya ilmu dan pengetahuan yang makin maju maka perusahaan dituntut untuk lebih dapat menjadikan karyawannya lebih terampil dan terlatih dalam mengerjakan tugasnya. Oleh karena itu perusahaan berinisiatif untuk mengadakan program pelatihan dan pengembangan bagi karyawan, karena pelatihan dan pengembangan membuat mereka lebih percaya diri sehingga menimbulkan rasa puas dalam  bekerja dan lebih dihargai, serta mampu berusaha untuk meningkatkan produktivitas kerja karyawan.
Faktor-faktor yang dapat memperbaiki produktivitas kerja karyawan antara lain: kerjasama kelompok, metode-metode, mekanisme, pemberian insentif, pelatihan pendidikan dan pengembangan. Dari beberapa faktor di atas dan dari hasil observasi yang dilaksanakan penulis, Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia masih kurang terlaksana. Tidak adanya program pelatihan yang memadai ini menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan dan dapat merugikan perusahaan yang bersangkutan, yang pada akhirnya akan menurunkan produktivitas perusahaan itu sendiri. Maka, para pimpinan sebaiknya mengerti apa yang dibutuhkan para karyawannya dan mengetahui keinginan-keinginan apa yang membuat karyawan puas dan meningkatkan produktivitasnya, termasuk apa dan beberapa bonus yang akan mereka terima jika target atau tujuan kerjanya tercapai.
Pelatihan dan pengembangan adalah dua istilah yang kadang-kadang digunakan secara bersama-sama maupun secara bergantian. Pelatihan (training) mengandung maksud untuk menambah dan meningkatkan pengetahuan/keterampilan serta merubah sikap/perilaku karyawan kearah yang produktif. Pengembangan (development) dapat diasosiasikan dengan kebutuhan masa depan karyawan dan organisasi perusahaan. Pelatihan mempunyai manfaat pada karier jangka panjang karyawan, untuk menghadapi tanggungjawab yang lebih besar di masa yang akan datang.
Pentingnya pelatihan ditujukan untuk mempertahankan dan meningkatkan prestasi kerja para karyawan. Pelatihan ditujukan untuk meningkatkan prestasi kerja saat ini, sedangkan pengembangan ditujukan untuk meningkatkan prestasi kerja saat ini dan masa yang akan datang. Pelatihan diarahkan untuk membantu karyawan melaksanakan pekerjaan saat ini secara lebih baik. Harus dipahami bahwa proses pelatihan mengacu kepada suatu perubahan yang harus terjadi pada peserta pelatihan. Dalam proses pelatihan, kinerja yang kurang baik dibenahi sedemikian rupa sehingga menjadi lebih baik. Sehingga sekumpulan tugas-tugas yang telah menanti dapat dikerjakan dengan baik oleh pekerja yang telah mengikuti pelatihan. Pelatihan merupakan proses mengajar keterampilan yang dibutuhkan karyawan untuk melakukan pekerjaannya. Mangkuprawira (2002:135) menjelaskanbahwa : "Pelatihan adalah sebuah proses mengajarkan pengetahuan dan keahlian tertentu serta sikap agar karyawan semakin terampil dan mampu melaksanakan tanggung jawab dengan semakin baik, sesuai dengan standar"
Proses kegiatan pelatihan sering dilaksanakan oleh suatu perusahaan setelah terjadi penerimaan karyawan sebab latihan hanya diberikan pada karyawan dari perusahaan yang bersangkutan. Latihan \adakalanya diberikan setelah karyawan tersebut ditempatkan dan ditugaskan sesuai dengan bidangnya masing-masing.
Melalui pelatihan, karyawandapat terbantu mengerjakan dan menyelesaikan pekerjaan yang ada, dapat meningkatkan keseluruhan karier karyawan dan dapat membantu mengembangkan tanggungjawabnya pada saat ini maupun di masa mendatang. Sehingga ada beberapa alasan mengapa pelatihan harus dilakukan atau menjadi bagian yang sangat penting dari kegiatan manajemen sumber daya manusia.






Referensi
Mathis L Robert, John.H. Jackson. 2002. SumberDayaManusia. Jakarta : PT. SalembaEmpat
Mangkuprawira, Syafry. 2002. ManajemenSumberDayaManusiaStrategi. Jakarta :Ghalia Indonesia
Hermanto. 2005. AnalisisPengaruhPelatihan, PendidikandanPembinaanKaryawanterhadapKinerjaPegawaiSekretariatKabupatenSorong. JurnalAplikasiManajemen, Vol. 3, No. 2, Hal. 131-139.


1 comment: