20.5.20

Pandemi Covid-19 : Bagaimana nasib pekerja Event Organizer?



Herlinda Desi Anggraini/19310410008
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
Psikologi Industri dan Organisasi
Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, MA.




Pandemi virus Corona atau Covid-19 sudah 2 bulan membuat warga Indonesia melakukan gerakan Work From Home. Gerakan tersebut membuat berbagai pekerjaan mengalami kerugian. Karena tidak semua pekerjaan dapat dilakukan dari rumah. Hanya beberapa pekerjaan saja yang dapat dilakukan dari rumah. Contohnya event organizer, orang yang bekerja sebagai bagian dari event organizer cenderung tidak bisa melangsungkan pekerjaannya. Sejak adanya himbauan work from home (WFH), pekerja event organizer benar-benar kehilangan pendapatan. (Detik.com, 2020). Karena pekerjaan event organizer biasanya kegiatannya mengumpulkan orang dan cenderung berkerumun. Sedangkan saat ini masyarakat di Indonesia dihimbau untuk tidak berkerumun dan bekerja dari rumah.
Lalu bagaimana event organizer agar tetap menjalankan pekerjaannya saat mengikuti himbauan WFH? Kemungkinan untuk event organizer yang fokusnya pada perlombaan tetap bisa berjalan dengan mengadakan lomba secara online. Akan tetapi, hasilnya memang akan berbeda dengan diadakannya lomba secara langsung. Penurunan minat peserta jelas akan terjadi. Karena melihat kondisi yang sedang terjadi saat ini, masyarakat tidak banyak yang tertarik mengikuti perlombaan, terutama yang harus membayarkan biaya pendaftaran.
Saat ini memang dari berbagai kalangan akan terkena dampak penurunan pendapatan. Tidak hanya event organizer, bahkan banyak sekali karyawan swasta yang kehilangan pekerjaannya. Kami seluruh masyarakat di Indonesia hanya bisa berdoa dan selalu berusaha mengikuti himbauan dari pemerintah. Semoga keadaan di Indonesia semakin membaik dan kami seluruh masyarakat di Indonesia secepatnya bisa beraktifitas seperti biasanya.

Referensi :
Detik.com. (2020, 11 April). Nasib Pekerja Lepas di Bidang Musik hingga EO Dihimpit Corona.
Diakses pada 18 Mei 2020, dari https://m.detik.com/finance/berita-ekonomi-bisnis/d-4973501/nasib-pekerja-lepas-di-bidang-musik-hingga-eo-dihimpit-corona/2

3 comments:

  1. Semua merasakan dampak buruk dari covid-19 tanpa kecuali. Solusinya harus ada kesadaran diri masing2 akan perannya dan saling membantu bagi yg membutuhkan. Sikap egois hanya akan memperkeruh keadaan dan memperlama hilangnya pandemi ini. #wecandoit

    ReplyDelete
  2. Memang perlu adanya integrasi dari setiap elemen negara dalam menghadapi pandemi COVID-19 ini. Sikap egois dan saling menyalahkan justru akan memperparah kondisi. Setiap dari kita harus bijak dalam bersikap dan menempatkan diri sesuai peran masing masing.

    ReplyDelete
  3. Informasi yang menarik kak, terimakasih

    ReplyDelete