1.5.20

MULAI DARI RUMAH


Nama                           : Windha Nurhidayati
NIM                            : 183104101176
MATKUL                   : Psikologi Lingkungan

Dosen Pengampu        : Dr. Arundati Shinta,MA

Perilaku pro-lingkungan memiliki kemungkinan terbaik dilihat sebagai kombinasi antara kepentingan pribadi dan kepedulian terhadap orang lain, generasi selanjutnya, makhluk hidup lainnya atau ekosistem secara keseluruhan (Bamberg & Moser, 2007).

Dari paparan di atas, dapat disimpulkan bahwa perilaku pro-lingkungan merupakan berbagai bentuk sikap atau tindakan manusia yang bertujuan untuk meminimalkan dampak negatif pada lingkungan. Sikap peduli lingkungan ditanamkam sejak dini dengan harapan supaya menjadi kebiasaan ketika individu dewasa nantinya. Peduli lingkungan tidak selalu tentang melakukan berbagai kegitan kegiatan diluar dalam artian didaerah tertentu seperti diantaranya gerakan memungut sampah ditempat-tempat wisata baik dipantai, gunung-gunung maupun didaerah lainnya namun, kegiatan peduli lingkungan lebih penting dan paling utama diterapkan dilingkungan tempat tingal terlebih dahulu. Mengingat Rumah merupakan tempat dimana kita tinggal melangsungkan kehidupan dan sebagai tempat berlindung dari berbagai gangguan dari luar, khususnya penyakit sehingga menjadi penting bahwa setiap individu harus melakukan kebersihan diri dilingkungan rumah.
Saat ini umat islam sedang menjalankan ibadah puasa dan bertepatan dengan merebaknya wabah virus corona yang membuat kita untuk dirumah saja. Berada dirumah saja jangan sampai membuat kita untuk bermalas-malasan atau tidak produktif, justru hal itu dapat kita manfaatkan sebaik mungkin seperti, menanam sayuran, bunga atau tanaman tanaman yang indah dan bermanfaat diladang atau di halaman rumah, hal itu dapat dilakukan sambil menunggu berbuka puasa atau (ngabuburit). Dengan begitu halaman rumah semakin tertata dan yang penting pengeluaran uang untuk membeli sayuran semakin berkurang. Tidak hanya itu pemerintah juga menganjurkan bahwa setiap individu disarankan untuk melakukan penjemuran diri atau berjemur disetiap hari, kegiatan itu dapat kita lakukan bersamaan dengan membersihkan lingkungan seperti menyabuti rumput.
Kebersihan lingkuan dan kebersihan individu pun sangat diutamakan bagi umat islam, karena diantara ajaran agama islam adalah menjaga kebersihan lingkungan dan kebersihan individu, mengingat kebersihan adalah sebagaian dari iman. Apabila setiap individu dirumah masing masing dan mau melakukan kebersihan rumah, kebersihan halaman, jalan disekitar rumah. Maka tercipta kebersihan lingkungan secara menyeluruh

Refrensi
http://eprints.undip.ac.id/58942/3/BAB_II.pdf (Diakses tanggal 28 april 2020)

0 comments:

Post a Comment