11.5.20

Motivasi Belajar Dari Rumah Di Tengah Pandemi Covid-19

Mita Dwi Wijayanti (19.310.410.037)
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
Dosen Pengampu: Dr. Arundhati Shinta, M.A.


     Pengertian motivasi belajar secara umum adalah keseluruhan daya penggerak baik dari dalam diri maupun dari luar siswa yang menjamin kelangsungan dan memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek belajar itu dapat tercapai. Motivasi dan belajar merupakan dua hal yang saling mempengaruhi. Motivasi belajar dapat timbul karena faktor intrinsik, berupa hasrat dan keinginan berhasil dan dorongan kebutuhan belajar, harapan akan cita-cita. Sedangkan faktor ekstrinsiknya adalah adanya penghargaan, lingkungan belajar yang kondusif, dan kegiatan belajar yang menarik (Uno:2006).

     Di tengah wabah pandemi virus corona ini motivasi belajar sangat dibutuhkan, motivasi sangat penting dalam pembelajaran, baik dalam proses maupun pencapaian hasil. Untuk itu peran orangtua dirumah juga diperlakukan demi membantu proses belajar anak di tengah situasi yang seperti ini. Dalam kegiatan belajar motivasi dapat dikatakan sebagai keseluruhan daya penggerak dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, menjamin kelangsungan kegiatan belajar dan memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek belajar itu dapat tercapai. 

Sumber Gambar: http://palu.tribunnews.com

     Pembelajar dengan cara jarak jauh atau dilakukan dengan online akan menjadikan tantangan tersendiri bagi anak bahkan orangtua dirumah. Karena anak harus beradaptasi terhadap hal yang baru. Banyak kendala yang harus dihadapi anak ketika melakukan belajar dirumah dengan cara online, selain itu, pembelajaran daring juga banyak menimbulkan keluhan dari anak maupun orangtua. Anak akan merasa lelah dan bosan ketika belajar dirumah karena guru memberikan tugas terlalu banyak. Selain itu, adanya anak yang tidak memiliki gadget yang memadai juga menjadikan kendala dalam belajar. Bukan hanya itu saja, kuota internet dan jaringan yang kurang memadai juga bisa menghambat proses belajar anak. Terkadang orangtua yang mengalami gaptek juga menjadikan kendala tersendiri bagi anak dalam proses belajar. 

     Dalam belajar dirumah anak akan cepat bosan bahkan mereka hanya akan menghabiskan waktu bukan untuk belajar namun untuk bermain, karena mereka menganggap digantikannya sistem pembelajaran tatap muka menjadi daring adalah sebuah libur sekolah sehingga anak alan menjadi malas belajar. Disini peran orangtua sangat diperlukan agar anak tidak tertinggal dalam belajar, orangtua juga dituntut untuk harus bisa mengarahkan anak belajar. Selain itu, orangtua juga harus bisa mendampingi anak belajar agar anak tidak cepat bosan. Dan tak lupa orangtua juga harus memberikan motivasi kepada anak karena adanya motivasi orangtua untuk anak ini sangat diperlukan. 

Sumber Gambar: http://gambaranimasi.pro

     Agar anak lebih rajin belajar ditengah pandemi seperti ini orangtua bisa melakukan hal seperti:
  1. Berikan dukungan dan semangat kepada anak agar mau belajar, misalnya dengan menjanjikan sesuatu yang anak suka atau membelikan makanan kesukaan anak. 
  2. Mengajak anak belajar sambil bermain, karena belajar sambil bermain ini akan  lebih efektif daripada belajar dengan serius. 
  3. Orangtua juga harus bisa menjelaskan manfaat belajar kepada anak agar anak mau belajar dengan giat.
  4. Memberikan pujian kepada anak ketika anak telah menguasai bidang tertentu atau mata pelajaran tertentu agar anak merasa senang dan semakin rajin untuk belajar. 
  5. Jangan memaksakan anak belajar, karena paksaan tersebut malah justu akan membuat anak menghindari kegiatan belajar. 
  6. Berikan waktu istirahat untuk anak agar anak tidak mengalami stres ataupun kelelahan.
  7. Menciptakan lingkungan yang nyaman untuk anak belajar, seperti ketenangan ketika belajar sehingga anak tidak akan bosan belajar.


Referensi:
https://www.zonareferensi.com/pengertian-motivasi-belajar/ (diakses pada 11 Mei 2020)
http://www.astaga.com/parenting-mom-kids/bagaimana-memotivasi-semangat-belajar-anak-simak-10-tipsnya (diakses pada 11 Mei 2020)
https://m-kumparan-com.cdn.ampproject.org/v/s/m.kumparan.com/amp/infopbun/5-tips-memotivasi-anak-agar-rajin-belajar-1sd4F8VKvof?amp_js_v=a2&amp_gsa=1&usqp=mq331AQFKAGwASA%3D#aoh=15891995986989&amp_ct=1589200340677&csi=1&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&amp_tf=Dari%20%251%24s&ampshare=https%3A%2F%2Fkumparan.com%2Finfopbun%2F5-tips-memotivasi-anak-agar-rajin-belajar-1sd4F8VKvof (diakses pada 11 Mei 2020)
https://id-m-wikihow-com.cdn.ampproject.org/v/s/id.m.wikihow.com/Memotivasi-Anak-untuk-Belajar?amp_js_v=a2&amp_gsa=1&amp=1&usqp=mq331AQFKAGwASA%3D#aoh=15891995986989&amp_ct=1589200377074&csi=1&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&amp_tf=Dari%20%251%24s (diakses pada 11 Mei 2020)

Sumber Gambar:
https://images.app.goo.gl/XFW5kRVxTfRsT7JE7 (diakses pada 11 Mei 2020)
https://images.app.goo.gl/sv5Sxch5me1scord8 (diakses pada 11 Mei 2020)

6 comments:

  1. Bagus sekali kak, artikelnya sangat bermanfaat semoga bisa dijadikan contoh bagi para orangtua yang menemani anaknya belajar dirumah.Gambarnya juga menarik

    ReplyDelete
  2. Penyampaian dan susunan tata bahasa yang mudah untuk d mengerti membuat materinya terkesan edukatif persuasif ,marvelous lanjutkan

    ReplyDelete
  3. Sangat membantu sekali
    Lanjutkan semangat menyebar informasi

    ReplyDelete