4.5.20

Mendapatkan posisi jabatan: Apa yang harus di lakukan?



Dosen Pengampuh: Arundati Shinta
YANSES KALA’ IRI’
19310410046
Psikologi industry dan organisasi
Secara alamiah di dalam kehidupannya, manusia selalu melakukan bermacam-macam aktivitas, salah satu wujud dari aktivitas itu adalah kerja atau bekerja. Manusia bekerja mangandung unsur kegiatan sosial, menghasilkan barang dan atau jasa yang pada akhirnya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan dan mendapatkan kepuasan. Bekerja berarti melakukan suatu pekerjaan, diakhiri dengan buah karya yang dapat dinikmati oleh manusia yang bersangkutan. Nah untuk itu setelh kita bekerja atau mendapatkan pekerjaan kita tidak hanya stak pada titik itu saja. Terkadang bahkan semuanya ingin mendapatkan yang lebih dari yang sekarang di dapatinya. Setiap karyawan tentu ingin agar dirinya semakin berkembang sehingga mampu mendapatkan promosi jabatan baru. Tidak hanya gaji yang akan disesuaikan, namun jabatan baru yang lebih tinggi akan menambah nilai pada CV Anda nanti, serta memberikan Anda kepuasan tersendiri. Namun, Anda tak bisa begitu saja mengajukan promosi untuk diri Anda sendiri mengingat tentu saja atasan dan perusahaan memiliki berbagai pertimbangan mengenai karir setiap karyawannya.
Bukan rahasia umum kenaikan jabatan atau gaji bisa didapatkan dari hasil kerja keras dan kontribusi positif kepada perusahaan tempat Anda bekerja. Saat mendapatkan promosi jabatan, itu berarti Anda berhasil meyakinkan atasan bahwa Anda adalah aset yang berharga bagi mereka. Bagi kebanyakan orang, memiliki pekerjaan dengan jabatan yang lebih tinggi akan terasa sangat memuaskan. Tak jarang semakin tinggi jabatan yang diraih, gaji yang diterima juga menjadi lebih tinggi. Namun, hal ini seringkali menjadi penyebab bagi Anda menurunkan semangat dalam bekerja. Padahal, sudah sangat jelas beban pekerjaan dalam jabatan yang lebih tinggi juga semakin bertambah. Tanggung jawab yang ditangani juga semakin berat. Namun sebegitu mudahnyakah mendapatkan posisi tersebu? Pasati medapatkan apa yang kita inginkan perlu uasah ayang leih dari apa yang di lakukan sekarang. Salah satunya yaitu prestasi kerja kita yang bagus. Prestasi kerja merupakan hasil dari suatu kemampuan seorang karyawan di dalam suatu pekerjaan. Apabila seorang karyawan tidak mempunyai kemampuan maka pekerjaan dari hasil produksi yang di hasilkan tidak meningkat dengan baik maupun dari berbagai segi lainnya.
Salah satu yang dapat di lakukan oleh organisasi atau perusahaan adalah denagn memberikan penghargaan sesuai dengan memberikan penghargaan terhadap karyawan sesuai dengan apa yang telah di berikan oleh karyawan dengan cara melakukan penilaian prestasi kerja. lantas hal yang lainnya yang dapat menunjang kita untuk mendapatkan jabatan atau posis yang kita ingingkan apa yang yang harus di lakukan:
1. Bekerja Semaksimal Mungkin, Performa Anda dalam bekerja merupakan salah satu faktor utama yang harus diperhatikan jika ingin mendapat promosi jabatan. Performa kerja yang bagus dan reputasi Anda sebagai karyawan yang berkualitas serta profesional adalah pertimbangan besar ketika perusahaan ingin membuat keputusan tentang promosi jabatan.
2. Bekerja Sama dengan Baik dalam Tim, Biasakan mengajukan diri untuk ikut serta dalam proyek atau tugas baru. Perlihatkan bahwa Anda bersedia membantu atasan dan rekan kerja lainnya ketika mereka membutuhkan tenaga tambahan dan Anda memiliki waktu luang. Dengan demikian Anda akan dikenal sebagai anggota tim yang mampu bekerja sama dengan baik dan mampu mengerjakan berbagai tugas berbeda.
3. Perluas Jaringan, Datang dan ikut di acara-acara perusahaan. Semakin Anda mengenal banyak orang dan membangun jaringan yang baik, maka mereka akan semakin mengetahui tentang diri Anda. Tidak ada yang tahu bahwa bisa saja mereka merupakan orang yang ikut berpengaruh dalam pengambilan keputusan mengenai promosi Anda. Selain itu, atasan juga lebih suka mempromosikan seseorang yang mereka kenal daripada yang tidak.
4. Giat Belajar, Jika perusahaan menawarkan kesempatan untuk mengikuti kelas pengembangan diri atau seminar, ambil tawaran itu sesering mungkin. Jangan membuang kesempatan untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan Anda, ikuti berbagai macam pelatihan.
            Jadi itu adalah beberapa yang yang dapat dilakukan untuk mendapatkan apa yang kita impikan. Ingatlah semuanya tidak bisa di dapatkan dengan instan atau seperti membalikkan telapak tangan. Semuanya di lakukan denagn kerja kerasa serta usahan yang besar dan jangan luapa selau meminta petunjuk daru tuhan kita.



Sumber:



0 comments:

Post a Comment