3.4.20

TRIK DAN TIPS AGAR ANAK TIDAK BOSAN DIRUMAH SELAMA PANDEMI COVID-19
BERMAIN DAN BELAJAR DI RUMAH


Nama: Risva Subekti
NIM: 1310410063
Dosen Pengampu: Eni Rohyati, S.Psi,.M.Psi,.

Virus Corona Covid-19 masih jadi wabah yang meresahkan. Tak kurang dari 170 negara di dunia ini telah terjangkit virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan, China. Di tengah mewabahnya corona covid-19 di Indonesia, seluruh masyarakat dihimbau untuk bekerja dari rumah, belajar, dan beribadah dari rumah akan tetapi tetap perlu melakukan interaksi istilah ini disebut dengan Physical Distancing.

Dengan adanya Physical Distancng semua sekolah menerapkan belajar di rumah berbasis online guna memutuskan rantai penyebaran virus covid-19. Karantina dilakukan selama 14 hari tentu anak akan merasa bosan di dalam rumah. Bahkan anak akan menangis karena merasa dirinya di kurung di dalam rumah, tidak boleh keluar rumah, tidak boleh bermain dengan temannya. Semua kegiatan dilakukan di dalam rumah. Lalu, apa yang bisa di lakukan untuk menghilangkan rasa bosan? Anak bisa kita ajak untuk melakukan kegiatan positif yang tidak membosankan, seperti:

1. Menggambar dan Melukis
Ajak anak untuk melakukan kegiatan yang tidak jauh dari belajar seperti menggambar atau melukis sesuatu yang di senangi anak, berinteraksi juga dengan anak bagaimana bentuk bunga kemudian warna apa yang sesuai dengan bunga yang di gambar.
2. Memasak
Memasak merupakan salah satu cara untuk melakukan bonding dengan anak. Saat memasak anak bisa mengenal berbagai jenis sayuran dan buah-buahan, anak juga bisa menentukan kesukaannya sendiri sayur apa yang dia suka kemudian anak juga bisa tau bagaimana cara mengolah sayuran dan tambahan bumbu apa yang dimasukan.
3. Membaca  
Berada di dalam rumah sepanjang hari adalah kesempatan besar untuk meningkatkan kebiasaan membaca anak. Beri buku bacaan yang sesuai dengan usia anak, karena bisa menambah wawasan dan mengedukasi anak sejak dini.
4. Membuat Prakarya
Selain belajar anak juga bisa melakukan kegiatan prakarya, ajak anak membuat sesuatu yang unik, yang menarik, dan mudah untuk di lakukan seperti mebuat   tempat pensil dari stik es krim. Menggunakan barang bekas juga solusi yang baik karena anak dapat memahami bahwa barang bekas bisa di daur ulang menjadi sesuatu yang berguna.
5. Bercocok Tanam
Mengajarkan anak bercocok tanam juga menambah pengetahuan sang buah hati untuk meningkatkan rasa kepedulian terhadap lingkungan. Dan selalu ingatkan anak agar mencuci tangan setelah melakukan kegiatan di luar.
6. Ajak Anak Bersih-bersih
Meminimalisir tersebarnya virus perlu adanya kesadaran dari diri sendiri untuk melakukan pencegahan dini. Untuk itu disaat libur, ajak anak untuk melakukan kegiatan bersih-bersih dan setelah bermain dengan bianatang kesayangan ajarkan untuk selalu membersihkan tangan. Ingatkan anak bahwa dengan bersih-bersih dapat meminimalisir masuknya kuman dan virus kedalam tubuh, agar anak selalu menjaga kebersihan.

Dengan melakukan kegiatan positif diatas anak dapat terhindar dari rasa bosan dan selalu menjaga diri dari virus covid-19. Tetap dirumah lakukan kegiatan positif dan jangan lakukan kegiatan yang dapat membahayakan diri serta orang lain. Waspada namun jangan panik. Ingatkan selalu kebersihan pada anak, cuci tangan setelah melakukan aktivitas, gunakan masker saat keluar rumah dan jaga jarak pada orang lain hindari kerumunan.

Referensi:


0 comments:

Post a Comment