1.4.20

Tips dari Tim Konseling COVID-19 dalam mengatasi ketakutan menghadapi Virus COVID-19


Bangun Handoko
19 310 420 090
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Ketakutan adalah hal yang wajar pada manusia, untuk meningkatkan waspada dan menghindari bahaya. Namun menjadi tidak wajar ketika ketakutan itu menjadi  berlebihan sehingga membuat kita tidak bisa berfikir dan berbuat apa bahkan sampai mengarah pada depresi.

Berlebihan dalam menerima informasi negatif akan membentuk pikiran negatif dan memperburuk suasana hati. Sehingga hal ini dapat mempengaruhi kehidupan dan menimbulkan stres serta dapat menurunkan daya tahan tubuh. 

Dalam hal ini rasa takut yang dialami terhadap wabah Covid -19. Beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengurangi ketakutan anda yaitu :
  1. Pisahkan/batasi intensitas Anda dengan segala macam hal yang justru menambah tingkat ketakutan, seperti berita, gambar, atau video yang menggambarkan situasi bahaya tentang COVID-19. 
  2. Isi waktu luang Anda selama masa di rumah saja dengan kegiatan yang disenangi. Jangan mencari cari tahu berita tentang Covid-19 yang justru menambah lemah kondisi psikis Anda.
  3. Lakukan upaya pencegahan yang proporsional sesuai anjuran pemerintah. seperti mengkonsumsi makanan sehat, sering cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, berolahraga, istirahat yang cukup, dll.
  4. Lakukan olah raga kecil dan kegiatan rekreasional seperti mendengarkan musik favorit, nonton film favorit atau bermain dengan anak-anak.
  5. Berbicara atau mengobrol dengan orang yang bisa membuat nyaman. Tetap terhubung dengan orang-orang tercinta. Menelepon atau melakukan video call dengan keluarga dan teman-teman termasuk cara jitu yang bisa Anda lakukan untuk tetap terhubung dan menjaga kesehatan mental. Saat mengobrol dengan keluarga dan teman-teman, usahakan agar Anda tidak terlalu fokus untuk membahas wabah ini.
  6. Berpikir positif. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk memelihara pikiran positif. Mulai dari memberikan sugesti positif pada diri sendiri, lebih berfokus pada hal-hal baik dan menyenangkan dalam hidup, serta berbagi cerita dan canda dengan orang-orang tercinta maupun orang-orang yang membuat Anda lebih semangat. Pikiran positif dimana sesuatu perkataan yang terucap dari mulut akan terdengar dalam pikiran, dan seluruh tubuh ada pada kendali pikiran sehingga suasana hati positif Anda akan membantu melindungi sistem kekebalan tubuh Anda, sementara pikiran negatif telah terbukti menekan sistem kekebalan anda dan membuat anda lemah (tidak memiliki imunitas). Setiap individu memiliki sistem kekebalan tubuh (imunitas) yang kompleks dalam melindungi tubuh terhadap penyakit menular. Mekanisme pikiran manusia sangat luar biasa bahkan diri kita sendiri tidak menyadari karena diri kita ini merupakan apa yang kita pikirkan. Oleh karena itu tanamkan bahwa kita memiliki mekanisme pertahanan diri yang luar biasa dan dapat mengalahkan virus Covid. Seimbangkan diri Anda. Untuk itu kita harus menyuarakan kisah-kisah positif dan jangan hanya fokus pada informasi negatif.
  7. Yang paling penting adalah percayalah bahwa situasi ini akan segera berlalu. Segala sesuatu ada awal dan akhirnya. 
Tips mengatasi ketakutan di atas disampaikan oleh Ipda Laksita S., M.Psi., Psikolog yang merupakan salah satu dari anggota Tim Konseling COVID-19 yang dibentuk oleh Mabes Polri dalam rangka Operasi Kontijensi Aman Nusa II 2020.


Referensi :
Layanan Konseling COVID-19 oleh Psikologi Polri, silahkan klik link sebagai berikut : https://tinyurl.com/PsikologiPolriCegahCorona.

0 comments:

Post a Comment