4.4.20

Tips Agar Anak Senang Belajar di Rumah Bersama Ayah Bunda

Wahyu Hidayah (19310410052)
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta
Dosen Pembimbing: Eny Rohayati, S.Psi., M.Psi.


Proses penyebaran COVID-19 yang sangat cepat membuat jumlah orang yang terinfeksi meningkat secara signifikan, termasuk di Indonesia. Sebagai bagian dari upaya menekan penyebaran virus corona, pemerintah mulai mengimbau masyarakat untuk melakukan social distancing.

Social distancing itu seperti apa sih Ayah Bunda? Social distancing adalah mengurangi interaksi orang dalam jumlah besar, hingga bisa memperkecil peluang penularan (wikipedia, 03 April 2020). Salah satu upaya pemerintah untuk social distancing sendiri antara lain dengan menghentikan aktivitas belajar mengajar di sekolah selama dua pekan. Social distancing bukan berarti mengajak anak liburan ya Ayah Bunda. Social distancing artinya kalau tidak perlu sekali, sebisa mungkin menghindari aktivitas di luar rumah dan menghindari keramaian.

Anak-anak sangat mudah bosan ya Ayah Bunda? Apalagi tidak bisa bertemu teman-teman di sekolahnya. Nah, saya punya tips nih agar kegiatan belajar anak-anak selama di rumah tetap menyenangkan, lakukan beberapa hal berikut ini ya Ayah Bunda.

Untuk anak balita, Ayah Bunda bisa meminta bantuan mereka untuk membereskan mainannya sendiri agar belajar tanggung jawab, akan lebih baik lagi jika mempunyai peralatan montessori di rumah, atau furniture dan mainan khusus yang didesain khusus dengan ukuran anak-anak. Misalnya seperti sapu kecil khusus anak, minta anak untuk ‘membantu’ menyapu kamarnya. Ayah Bunda juga bisa mengajak anak untuk menonton acara TV yang edukatif agar anak tidak bosan, tak ada salahnya untuk membiarkan mereka menonton TV atau YouTube selama 2-3 jam. Tapi, pastikan acara yang ditonton edukatif dan tetap didampingi Ayah Bunda. Menari sambil bernyanyi bersama juga bisa dilakukan demi menjaga kesehatan anak. Untuk membuatnya menjadi menyenangkan, Ayah dan Bunda bisa menyetel lagu-lagu riang kesukaan anak dan menari bersamanya. Atau, bisa juga  lho memanfaatkan aplikasi TikTok untuk membuat video bersama anak! Sediakan mainan edukatif untuk anak seperti puzzle, lego, buku cerita, dan sebagainya.

Ayah dan Bunda yang mempunyai buah hati usia sekolah dasar bisa melibatkan anak saat memasak kue, libatkan mereka dari hal yang paling mudah. Misalnya mengaduk tepung menggunakan whisker, atau menghias kue yang sudah jadi. Menggambar dan mewarnai. Bagaimanapun, waktu libur di sekolah harus tetap dimanfaatkan untuk belajar. Temani anak ketika sedang melakukan kegiatan ini, agar bisa menemukan sifat anak yang selama ini tak Ayah Bunda ketahui, dan bahkan semakin akrab dengan mereka, manfaatkan aplikasi belajar gratis atau berbayar, kumpulkan pakaian yang tak terpakai untuk dijual dan didonasikan, tantang mereka untuk membuat project yang menyenangkan. Misalnya anak menyukai make-up, minta mereka membuat ulang karya make-up MUA profesional, dan nilai hasilnya. Diskusi cerdas tentang Corona dan praktikkan bagaimana cara menjaga kebersihan agar bisa mencegah terjangkit Covid-19, membaca buku bersama, buat suasana menyenangkan di rumah, jangan kebanyakan ngomel ya Ayah Bunda.

Semoga membantu ya Ayah Bunda. Semoga kita selalu dalam lindungan-Nya. Aamiin.

Sumber referensi:
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Pembatasan_sosial (diakses pada 3 April 2020)

0 comments:

Post a Comment