5.4.20

MENGELOLA SAMPAH AGAR PUNYA NILAI EKONOMI

Nama : M. Riand Purwadinata
Nim : 15.310.420.1118
Psikologi Lingkungan
Dosen Pengampu : DR. Arundati sinta

 Sampah ini adalah sisa atau juga dikatakan sebagai material sisa yang nantinya akan dibuang sebagai hasil dari suatu proses produksi. Biasanya sampah ini bisa ditemukan baik dari sisa industri ataupun material sisa dari rumah tangga.  sampah ini merupakan barang padat yang merupakan sisa dari kegiatan manusia dimana sisa barang padat tersebut tidak diinginkan lagi atau tidak diperlukan lagi.

Tujuan pengelolaan sampah yang benar adalah untuk membuat sampah punya nilai ekonomi atau mengubahnya menjadi bahan yang tidak membahayakan lingkungan.

Agar sampah yang ada tidak mengganggu dan juga berdampak terhadap kerusakan lingkungan sekitar. Maka tentu saja harus dilakukan beberapa hal untuk memanfaatkan sampah tersebut. ada banyak sekali hal yang bisa dilakukan untuk pemanfaatan sampah ini. Untuk sampah organik, dimana sampah ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan Anda. Mulai dari dibuat dalam bentuk kompos yang nantinya bisa menjadi pupuk yang mampu menyuburkan tanaman Anda.

Cara mengelola sampah rumah tangga organik yang paling mudah adalah dengan membuatnya menjadi pupuk kompos yang dapat digunakan untuk berkebun. Namun jika anda tidak suka berkebun atau tidak suka dengan aroma yang ditimbulkan selama pembuatan pupuk kompos, anda dapat menyumbangkan sampah organik ke sahabat yang memiliki hobi berkebun atau penjual tanaman. Dengan demikian anda tetap bisa mengelola sampah organik dengan baik.

Pisahkan sampah-sampah berbahaya untuk dibawa ke pusat daur ulang. Petugas pusat daur ulang pasti mengetahui cara untuk mendaur ulang sampah berbahaya agar tidak merusak lingkungan. Kemudian jangan lupa memanfaatkan barang bekas agar bisa digunakan kembali. Seperti memanfaatkan botol plastik bekas untuk dijadikan pot tanaman. Selain itu, masih banyak lagi barang bekas yang bisa digunakan kembali dengan ide kreatif anda.
Sumber : https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20190911112043-284-429492/cara-mengelola-sampah-rumah-tangga-dengan-mudah

0 comments:

Post a Comment