4.4.20

Mengatasi Kebosanan Dengan Cara Kreatif


Rika Rachmawati (19310410027)
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
Dosen Pembimbing : Eny Rohayati, S.Psi., M.Psi


Penularan CONVID-19 sudah menyebar ke beberapa daerah , tidak hanya di Jakarta tetapi sudah menyebar ke berbagai daerah  seperti Jawa Tengah. Pemerintah juga sudah melakukan berbagai langkah agar CONVID-19  tidak semakin menyebar dan pemerintah juga sudah memberitau warga Indonesia agar selalu menjaga kebersihan serta kesehatan tubuh. Pemerintah juga sudah membuat kebijakan agar tetap di rumah dengan meliburkan sekolah dan kantor-kantor agar virus tidak semakin menyebar dan pemerintah menerapkan sosial distancing agar bisa menjaga jarak dengan orang lain saat di luar rumah.
Pemerintah menganjurkan kita agar tetap di rumah, tetapi pasti kita akan mudah bosan jika kita tidak melakukan kegiatan apapun selain kuliah online atau kerja online, melakukan kegaiatan rumah tangga dan tidur ,pasti akan mudah bosan jika harus melakukan kegiatan yang sama setiap hari tanpa keluar rumah , tidak hanya orang dewasa yang bosan tetapi juga anak-anak jadi mudah bosan karena mereka tidak bisa bermain dengan teman-temanya di luar rumah. Anak- anak akau bosan dan jika rasa bosan tidak bisa dikendalikan ,kadang-kadang anak akan rewel dan mudah marah serta tidak produktif.
Anak-anak menjadi tidak produktif dan bermalas-malasan membuat para orang tua kebinggungan agar anak tidak malas dan selalu prokduktif, tetapi sebenarnya banyak cara agar anak tidak bosan dan produktif saat harus di rumah saja dengan cara kreatif serta mengajak anak untuk bermain yang dapat melatih sistem motorik anak. Orang tua dapat mengajak anak untuk membuat sesuatu yang dapat membuat anak kreatif seperti membuat rak buku dari kardus dan diberi warna atau gambar sesuai keingina anak atau mengajak ia bermain dengan teka-teki yang berhadia agar anak semangat untuk bermain seperti mencari telur dengan petunjuk yang di berikan disetiap tempat yang dapat dijangakau anak seperti didalam botol atau yang lain, anak menjadi aktif bergerak dan dapat menggasah otak anak. Tidak hanya bermain teka-teki dan membuat rak buku dengan kardus untuk melatih kekreatifitasan dan sistem montorik anak, tetapi masih banyak hal yang bisa kita buat untuk tetap kreatif dan produktif saat bosan dirumah saja dengan alat-alat yang ada dirumah kita bisa melakukan banyak hal dengan si kecil setiap saat.
Bermain dan kreatif dalam berkarya dapat kita lakukan saat ini untuk anak-anak kita atau adik kecil kita agar tidak mudah bosan atau jenuh saat harus di rumah karena virus CONVID-19 yang membuat mereka tidak dapat keluar rumah untuk bermain dengan teman-temannya.
Sekian dan terima kasih
Sumber :
A Mela(2020).Cegah PenularanVirus Corona Mengapa Sebaiknya 14 Hari Di Rumah Saja. diakses pada tanggal 3 april 2020 dari https://www.kompas.com/tren/read/2020/03/19/07361175/cegah-penularan-virus-corona-mengapa-sebaiknya-14-hari-di-rumah-saja


0 comments:

Post a Comment