4.4.20

Cara Kreatif Atasi Kebosanan Pada Anak Selama Masa Social Distancing

Putri Wulandari (19310410067)
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
Dosen Pembimbing: Eny Rohayati, S.Psi., M.Psi


Social distancing adalah mengurangi jumlah aktivitas di luar rumah dan interaksi dengan orang lain serta mengurangi kontak tatap muka langsung. Langkah ini termasuk menghindari pergi ke tempat-tempat yang ramai dikunjungi, seperti supermarket, bioskop, stadion dan lain-lain.
Anak kecil pasti akan merasa bosan berada di rumah lantaran virus Corona atau Covid-19 semakin mewabah. Kondisi inilah yang harus dipahami oleh semua orang tua agar enak nyaman menghabiskan waktu bermain di rumah.
Lalu bagaimana bila anak sudah mulai bosan dan ia merengek terus minta main di luar rumah?. Ada banyak cara-cara kreatif yang dapat dilakukan orang tua untuk mengatasi kebosanan pada anak selama berada dirumah pada  masa social distancing diantaranya yaitu :
1. Belajar origami, ajak anak untuk membuat berbagai macam origami dari bentuk yang paling mudah sampai ke yang paling sulit, sehingga anak dapat mengeksplorasi kemampuannya sehingga ia akan lupa dengan rasa bosan.

2. Memasak bersama anak, ajak anak untuk ikut  membantu memasak, misalnya membantu mencuci sayuran dan menyiapkan bahan-bahan masakan.
3. Berolahraga, berusahalah untuk selalu mengajak anak berolahraga di setiap pagi, sehingga ada kegiatan rutin yang dilakukan pada pagi hari. Melakukan olahraga baik untuk menjaga kesehatan selama masa social distancing. 
4. Menonton film-film kesukaan anak, masa social distancing juga memberikan manfaat positif, yaitu orang tua dapat meluangkan waktunya untuk anak. Jadikan momen ini sebagai wujud cinta kepada anak anda dengan melakukan hal-hal yang disukai oleh anak.
5. Membuat berbagai kerajinan tangan, ajak anak untuk berinovasi, seperti membuat berbagai macam permainan ataupun kreasi-kreasi dari barang bekas yang masih dapat digunakan.
Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan dan menjaga kesehatan selama berada dirumah, jangan panik ketika anak merasa bosan dirumah, karena orang tua yang kreatif pasti akan dapat melakukan hal-hal baru untuk anak sehingga rasa bosan itu dapat teratasi.

Suara.com (2020, 18 Maret). Arti Lockdown, Social Distancing dan Istilah Corona Lainnya. Diakses pada 2 April 2020, dari https://www.suara.com/news/2020/03/18/105643/arti-lockdown-social-distancing-dan-istilah-corona-lainnya


0 comments:

Post a Comment