18.4.20

Masa Training Menggambarkan Kinerja Dimasa Mendatang


Ujian Tengah Semester Psikologi Industri & Organisasi Semester Genap 2019/2020
Dosen Pembimbing: Dr. Arundhati Shinta, MA
Oleh:
Adnan Askuri (19310410060)
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


Secara harfiah, hampir semua perusahaan apapun bidangnya mencari dan merekrut karyawan berdasarkan hasil test yang diberikan pada calon pekerja tersebut, padahal kebanyakan test yang diberikan adalah test wawancara, bukan test skill yang sesuai dengan pekerjaan yang dilamar, kebanyakan malah skill di test saat menjadi karyawan dengan status masa Training. Ketika masa training skill tidak bagus atau tidak mencapai target yang diberikan, kemungkinan karyawan tersebut di PHK adalah besar, karena belum terdaftar jadi karyawan kontrak ataupun karyawan tetap maka karyawn baru masa training sering dipandang sebelah mata. Evaluasi kinerja menurut Leon C. Menggison (1981:310) dalam Mangkunegara (2000:69), “penilaian prestasi kerja (Performance Appraisal) adalah suatu proses yang digunakan pimpinan untuk menentukan apakah seorang karyawan melakukan pekerjaannya sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya”

Tidak ada seorangpun yang senang bekerja dengan karyawan dengan kinerja buruk (tidak memuaskan) karena prosesnya menjadi tidak nyaman dan rumit. Akan tetapi, jika hal ini dibiarkan begitu saja, para karyawan dengan kinerja buruk tersebut dapat menjadi pengaruh buruk bagi bisnis secara keseluruhan, tidak hanya mempengaruhi angka produktifitas tetapi juga moral dan kinerja seluruh bagian di perusahaan. Membiarkan para karyawan berkinerja buruk untuk berhenti mungkin merupakan solusi mudah dan bahkan menggoda untuk dilakukan jika mereka tidak berkontribusi bagi perusahaan, namun bisa jadi tidak semuanya buruk. Selain itu, hal ini akan meningkatkan biaya perusahaan untuk perekrutan, pelatihan, dan juga penurunan produktifitas. Oleh karena itu, berusaha mengubah para karyawan dengan kinerja buruk ini akan jauh lebih efektif daripada mengganti mereka.

Apakah yang dimaksud dengan kinerja buruk?  Secara umum, kinerja buruk didefinisikan sebagai kegagalan untuk melakukan tugas-tugas yang diberikan dalam pekerjaan sebagaimana diminta oleh para pemimpin perusahaan/ organisasi. Hal ini dapat juga diartikan sebagai ketidakpatuhan terhadap kebijakan kerja yang ditentukan, perilaku kerja yang tidak menyenangkan atau perilaku mengganggu yang mempengaruhi karyawan lainnya.

Untuk itu ada beberapa langkah untuk menghadapi karyawan berkinerja buruk :
1.      Kenali dan Pahami akar masalah.
Bisa saja masalah karyawan berkinerja buruk terdapat akar masalah berbeda-beda, bisa dari faktor internal dan eksternal, misalnya dari :
Faktor internal : karyawan baru itu sedang tahap pemulihan mental karena mendapat masalah lain diluar lingkungan perusahaan tempat bekerja.
Faktor Eksternal : bisa karena dipermainkan karyawan lain ataupun dimonopoli karyawan lain. Maka bisa dikenali dulu penyebab dan akar masalah pada karyawan tersebut.
2.      Perjelas ekspetasi perusahaan pada karyawan lalu diskusikan.
Perusahaan bisa menjelaskan planning-planning target karyawan, jika karyawan tidak sanggup untuk menutup target, perusahaan bisa memperjelas ekspetasi, beri gambaran yang jelas, lalu diskusikan terhadap karyawan itu, untuk menemukan jalan keluar terbaik dari kekurangan karyawan tersebut
3.      Buat rencana untuk peningkatan kinerja karyawan.
Setiap karyawan yang berkinerja buruk bisa diberi target-target kecil disetiap waktu yang bertahap, misal sebulan sekali. Hargai jika karyawan tersebut terdapat peningkatan walaupun tidak signifikan
4.      Latih ulang, Pantau, Dan beri masukan. Hargai setiap peningkatan walaupun tidak signifikan
Poin disini sama dengan poin nomer 3.

 Daftar Pustaka :
          Mangkunegara, A.A. Anwar P. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
 Anderson dan Clancy. 1991. The Performance Measurement. Harvard Business Review (Januari-Februari, 1991)
https://www.jobstreet.co.id/id/cms/employer/5-langkah-menghadapi-karyawan-berkinerja-buruk-dan-cara-mengubahnya/
Https://www.antaranews.com/berita/525047/program-employee-referral-linkedin-siap-geser-sumber-perekrutan-online (diakses pada 18 April 2020)

Sumber gambar :
https://jojonomic.com/blog/hal-yang-harus-diketahui-tentang-masa-percobaan-kerja-blm-selesai/

22 comments:

  1. Terimakasih untuk informasinya, cukup menambah wawasan dan keren semangat ;)

    ReplyDelete
  2. Terimakasih sudah bagus

    ReplyDelete
  3. Wah ini artikel terbaik yang pernah saya baca. Keren ih

    ReplyDelete
  4. Opini yang bagus..👏👏 mantafff kakak

    ReplyDelete
  5. Karyawan buruk juga manusia, dalam menjadikan pekerja cobalah hikangkan kata buruk, mungkin bisa diganti dengan kurang pas pada penempatan atau kurang profesional. L

    ReplyDelete
  6. Nice, artikelnya menarik dan bermanfaat

    ReplyDelete