18.4.20

PELATIHAN SDM GUNA MEWUJUDKAN KARYAWAN PERUSAHAAN YANG BERKUALITAS

UJIAN TENGAH SEMESTER PSIKOLOGI INDUSTRI & ORGANISASI SEMESTER GENAP 2019/2020
ELECTRA ALNURIN MARTA/ 19310410004
Dosen Pembimbing : Dr. Dra. Arundati Shinta,. MA


Kemampuan atau skill tidak hanya didapatkan dari pendidikan formal, hal ini dikarenakan kemampuan yang diperlukan lebih fokus dengan apa yang ditugaskan. Begitu pula dengan perusahaan, setiap perusahaan memiliki aturan-aturan perusahaan yang harus diketahui oleh semua karyawannya. Pastinya aturan-aturan perusahaan tersebut berbeda-beda antara perusahan satu dengan yang lainnya. Maka dari itu, diperlukan adanya training atau pelatihan untuk memenuhi kebutuhan dan standar karyawan bekerja serta mencocokan pribadi karyawan terhadap aturan perusahaan yang bersangkutan. 
Menurut ahli MSDM Gary Dessler, “training atau pelatihan merupakan proses mengajar ketrampilan yang dibutuhkan karyawan baru dan lama untuk melakukan pekerjannya”. Berdasarkan penjelasan berikut dapat diartikan bahwa pelatihan tidak saja dilakukan pada karyawan baru saja, namun juga dilakukan saat karyawan akan ditugaskan melakukan pekerjaan baru. Hal tersebut juga berlaku untuk karyawan yang telah lulus training namun kenyataannya masih saja melakukan kesalahan dalam pekerjaan. 
Training atau pelatihan bertujuan untuk mendapatkan karyawan yang mampu melaksanakan pekerjaan yang akan ditugaskan dan untuk meminimalisir kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi pada saat menjalankan tugasnya, serta untuk meningkatkan produktivitas dalam pekerjaannya. Menurut Leonard Nadler (Abdorrakhman, 2011:8) berpendapat bahwa pelatihan adalah suatu proses belajar untuk menguasai ketrampilan, pengetahuan dan sikap yang baru untuk mempersiapkan seseorang agar mampu melakukan pekerjaan yang saat ini menjadi tanggung jawabnya atau yang akan menjadi tanggung jawabnya kelak sebagai bagian dari perkembangan individu maupun organisasi di mana ia bekerja. 
Pengembangan karyawan berguna untuk memberi kesiapan memegang tanggung jawab pekerjaan di masa yang akan datang. Pelatihan memiliki peran penting dalam menentukan efektivitas, efisiensi perusahaan serta kinerja karyawan. Manfaat pelatihan bagi karyawan antara lain agar karyawan dapat bekerja lebih terampil, meguasai pekerjaan dan tugas yang diberikan, serta bisa menyelesaikan semua tugas dan pekerjaan yang diberikan oleh perusahaan. Manfaat bagi perusahaan agar pegawai terlatih dan bekerja dengan kualitas kerja yang tinggi serta kuantitas kerja yang benar. Oleh karena itu, kemampuan karyawan dalam melakukan pekerjaannya akan menjadi tolak ukur perusahaan untuk meningkatkan kualitas perusahaan tersebut.

DAFTAR PUSTAKA :
https://ilmumanajemenindustri.com/pengertian-training-pelatihan-tahap-pelatihan/ (diakses pada 18 April 2020)
Karinda M. (2016). Jurnal. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi : KAJIAN TERHADAP PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN KARYAWAN DALAM UPAYA PENINGKATAN KINERJA PELAYANAN BANK SULUTGO CABANG MANADO. (diakses 18 April 2020)
Jayanti YD. Jurnal. PENGARUH HASIL PELATIHAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI BALAI PELATIHAN MANAJERIAL. PT. KAI BANDUNG. (diakses 18 April 2020) 

16 comments:

  1. Semoga artikel nya bisa bermanfaat bagi banyak orang:)

    ReplyDelete
  2. Artikelnya Sangat bermanfaat dan sukses selalu..

    ReplyDelete
  3. Terimakasih artikelnya sangat bagus❤๐Ÿ–ค

    ReplyDelete
  4. Inti pembahasanya cukup jelas.
    Mantap gdjob

    ReplyDelete
  5. sgt bermanfaat untuk referensi tugas sy.. trims.

    ReplyDelete
  6. GOOD JOB, mantap

    ReplyDelete
  7. kata-katanya mudah dmengerti, thx alnurin

    ReplyDelete