1.4.20

Lakukan Hal Bermanfaat untuk Anak Selama Lockdown

Electra Alnurin (19310410004)
Psikologi Perkembangan I 
Dosen Pembimbing : Eni Rohyati S. Psi,. M. Psi

      Wabah virus corona atau covid-19 membuat semua orang harus berdiam di rumah, mulai dari orang tua hingga anak-anak. Mungkin untuk beberapa waktu, berdiam di rumah, berhenti beraktivitas diluar rumah merupakan hal yang menyenangkan. Namun, lama-kelamaan hal itu akan membosankan. Terkadang para orang tua pun bingung untuk mencari aktivitas anak yang menyenangkan, bermanfaat, namun tidak membosankan. Bosan merupakan hal yang wajar bagi kita semua, tergantung bagaimana cara kita untuk mengatasinya.
      Beberapa hal yang dapat dilakukan kepada anak agar tidak bosan adalah yang pertama, mengajak anak untuk memasak bersama. Dapat diperkenalkann kepada anak resep sehat namun tetap nikmat untuk disajikan. Misalkan dessert yang terbuat dari bahan-bahan seperti, buah-buahan, jus sayur, susu, atau oats. Memperkenalkan kegiatan masak pada anak akan memberikan manfaat yang positif, selain itu dapat untuk melatih kemandirian anak. Kedua, mengajak anak untuk merawat tanaman di teras atau halaman belakang rumah yang terdapat tanaman-tanaman bunga atau buah. Seperti menyirami tanaman, merupakan hal yang seru dan menyenangkan untuk dilakukan bagi anak-anak.
      Ketiga, mengajaknya perawatan kulit. Kegiatan menyenangkan selama di rumah adalah memnajakan tubuh dan kulit. Tanyakan pada anak, perawatan apa yang mereka inginkan. Entah scrub kaki, tangan, atau badan, mencoba masker rambut yang beraroma buah-buahan atau sekedar pijatan yang lembut. Dan pastikan anak selalu mencuci tangan selama 20 detik sesudah dan sebelum beraktivitas. Keempat, ajak anak menonton film. Tanyakanlah pada anak film apa yang ia sukai dan ingin tonton. Bisa menggunakan layanan streaming film yang sesuai dengan umur anak. 
      Dan yang kelima, ajak anak untuk membaca buku. Hal tersebut sangat bermanfaat bagi anak untuk menambah ilmu pengetahuan, serta membiasakan anak untuk membaca. Tidak usah lama-lama, cukup 5 sampai 10 menit saja, agar anak tidak mudah merasa bosan. Seperti membaca dongeng, cerita pendek, yang terdapat pesan moral didalamnya. Dapat juga dengan cerita bergambar, cerita dengan gambar-gambar serta berbagai macam warna akan membuat anak tidak mudah bosan. Dengan begitu berdiam diri di rumah akan menjadi bermanfaat, menyenangkan, dan tidak membosankan. 

Referensi: https://www.sehatq.com/artikel/ide-aktivitas-anak-di-rumah-agar-tak-bosan-selama-wabah-corona 

0 comments:

Post a Comment