9.4.20

Kepedulian Masyarakat terhadap Lingkungan


Oleh Meysella Al Firdha Hanim
183104101196
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Masalah lingkungan yang terus terjadi hingga saat ini dan telah menjadi ancaman serius bagi dunia. Meski banyak penelitian dan insvestigasi terhadap masalah lingkungan terus berlanjut dilakukan, tetapi solusi yang ditawarkan belum sepenuhnya mampu mengatasi masalah lingkungan. Jika lingkungan kita sudah tercemar, maka kualitas hidup kita akan menurun.
Hartono (2005, dalam Yovita 2017) berpendapat, masalah sampah dapat ditimbulkan oleh banyak faktor, antara lain rendahnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan sampah, kurangnya perhatian dari pemerintah dan rendahnya tanggung jawab dunia industri terhadap dampak kepentingan ekonomisnya. UU N0. 18 Tahun 2008 tentang pengelolaan sampah menyebutkan bahwa perlu memandang sampah sebagai sumber daya yang memiliki nilai ekonomis dan dapat dimanfaatkan misalnya untuk energi, kompos, pupuk, bahan baku indutri, kerajinan, dan lain-lain. Untuk itu diperlukan adanya pengelolaan sampah yang baik agar dapat mengurangi permasalahan sampah yang semakin krusial.
Faktor yang menentukan bersih dan sehatnya suatu lingkungan adalah kebersihan lingkungan tersebut dari sampah. Sampah dapat diartikan sebagai suatu barang atau benda yang tidak terpakai lagi dan tidak digunakan lagi. Kebersihan suatu lingkungan dari sampah berkaitan erat dengan persepsi masyarakat mengenai sampah itu sendiri. Setiap individu memiliki persepsi masing-masing dalam dirinya tentang sesuatu.
Salah satu penyebab utama yang bisa menyebabkan masalah kebersihan lingkungan adalah kurangnya kepedulian masyarakat terhadap lingkungannya. Padahal sudah seharusnya masyarakat menyadari dan peduli terhadap lingkungan di sekitarnya karena keadaan lingkungan itu juga mempengaruhi kehidupan masyarakat itu sendiri. Penting untuk kita memeriksa dan merubah perilaku sehari-hari terhadap lingkungan.


Referensi
Yovita. 2017. “Pengaruh Kesadaran Masyarakat Atas Lingkungan Hidup Terhadap Minat Masyarakat Menabung Di Bank Sampah Sawo Kecik Perumahan Candi Gebang Permai Yogyakarta”. Skripsi. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta

0 comments:

Post a Comment