31.3.20

Tips dan Trik agar Anak tidak Bosan di Rumah





Nama : Eunike Oktavia
NIM : 19310410010
Mata Kuliah : Psikologi Perkembangan I
Dosen Pembimbing : Eni Rohyati, S. Psi, M. Psi

         Dimasa ini virus Corona atau COVID-19, sangat meresahkan banyak orang. Dimulai pada 15 Maret 2020, Presiden Indonesia memberi himbauan kepada seluruh masyarakat agar melakukan sosial distancing. Himbauan ini bertujuan agar virus ini tidak menyebar atau menulari lebih banyak orang. Karena COVID-19 ini menular dengan sangat cepat.
        Terkait social distancing ini, beberapa pemerintah provinsi dan daerah pun sudah menetapkan kebijakan untuk menutup sekolah sampai waktu yang belum bisa di tentukan. Dengan tidak pergi ke sekolah, harapannya anak-anak bisa beraktivitas di dalam rumah saja.
Berikut ini adalah tips dan trik, agar anak tidak bosan dirumah :
1. Mengajak anak untuk membantu membuat makanan
       Kegiatan ini membantu anak untuk mengusir rasa bosan, karena anak diajak untuk mengeksplorasi atau membuat hal baru yang mungkin belum pernah mereka lakukan sebelumnya. Misalnya dengan membuat kue atau puding, anak-anak akan merasa bahagia.
2. Membuat manik-manik
        Manik-manik bagus untuk merangsang motorik anak. Membiarkan anak-anak memilih proyek mereka sendiri dapat secara signifikan meningkatkan minat mereka dalam melakukan manik-manik.
3. Mengajak anak menonton televisi atau film
      Menonton film bersama-sama di rumah sangat disenangi oleh anak-anak. Terutama menonton film favorit mereka.
4. Menemani anak bermain
     Menemani anak bermain memberikan dampak yang baik bagi anak, karena anak merasa dikasihi dan diperhatikan oleh orang tua atau orang disekelilingnya. Kegiatan ini juga membuat orang tua paham atau semakin mengenal anaknya.
5. Bercocok tanam
     Mengajarkan anak untuk bercocok tanam juga bisa dilakukan sebagai pengisi waktu saat liburan. Aktivitas seperti ini bisa menambah pengetahuan sang buah hati untuk meningkatkan rasa kepedulian terhadap lingkungan. Dan selalu di ingat setelah bercocok tanam untuk segera mencuci tangan.

    Beberapa tips diatas dapat menjadi referensi bagi orang tua, yang memiliki anak kecil dirumah. Kegiatan-kegiatan tersebut juga dapat membantu perkembangan dan kreatifitas pada anak. Jadi, meskipun anak tidak belajar di sekolah anak tetap dapat belajar dan bermain di rumah bersama orangtua dengan menyenangkan. Stay healty and stay at home.

https://bandungkita.id/2020/03/20/5-tips-agar-anak-tak-bosan-selama-belajar-di-rumah-karena-antisipasi-virus-corona/ (diakses pada 31 Maret)
https://m.kumparan.com/hipontianak/8-hal-yang-bisa-dilakukan-bersama-anak-saat-social-distancing-untuk-cegah-corona (diakses pada 31 Maret)

0 comments:

Post a Comment