31.3.20

Cegah bosan dengan kebahagiaan sederhana.





Isabella Christina Bernadeta Hadjo
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
Dosen pembimbing :
Eni Rohayati S. Psi., M. Psi.



Sudah lebih dari dua minggu sekolah di tutup dan siswa di wajibkan untuk belajar di rumah sampai waktu yang belum pasti. Banyak anak-anak bahkan orang dewasa yang merasa bosan, dikarenakan efek dari “lockdown” atau tetap di dalam rumah karena adanya virus corona.  Ada pun beberapa orang tua yang bingung,  bagaimana caranya agar anak tidak merasa bosan berada di dalam rumah.  Tanpa di sadari banyak cara menghilangkan rasa bosan pada anak, ada beberapa tips dan trik yang sering saya terapkan kepada adek saya yang berusia 8 tahun. Berikut adalah  tips dan trik nya :
1.       Berolahraga : berolahraga tidak hanya dapat menyehatkan tubuh tapi juga bisa menghilangkan rasa bosan terhadap anak dan orang tua atau kakak.
2.       Belajar : mengajak anak mengerjakan tugas yang di berikan oleh guru. Bisa juga mengajarkan anak hal lain seperti mengajarinya memasak makanan kesukaannya, membuat kerajinan/mainannya sendiri kegiatan ini dapat menambah kreatifitas anak dan membaca buku-buku cerita/agama/pengetahuan yang dapat menambah wawasan anak.
3.       Menonton filem : filem yang sangat direkomendasikan adalah filem-filem kartun dokumenter, filem kartun pengetahuan dan kartun tentang agama. Memang tidak semua anak-anak gemar menonton filem seperti itu, karena kebanyakan anak menyukai filem kartun yag lucu-lucu seperti spongebob squarepants, upin-ipin dan lain-lain.tapi tidak ada salahnya untuk di coba.
4.       Kegiatan yang 1 ini adalah kewajiban anak terhadap orang tua, seperti membantu membersihkan rumah. Memang tidak mudah mengajak anak membersihkan rumah, tapi jika di lakukan dengan metode yang di anggap orang tua cocok untuk anak nya pasti akan menjadi kebiasaan yang baik. Bisa juga setelah membantu adank di beri reward seperti makanan kesukaannya.
5.       Bermain permainan : anak-anak pasti sangat suka dengan kegiatan ini. Bermain permainan seperti uno stacko balok balok kecil yang disusun menjadi tinggi lalu di ambil 1 persatu balok tapi tidak boleh meruntuhkan balok-balok lain, kegiatan ini dapat melatih konsentrasi anak. Permainan lego yang dapat menambah kreatifitas anak dengan membuat bangunan, kendaraan dll sesuai keinginannya. Adapun permainan tradisional yang tidah kalah serunya, seperti ular tangga, dakon dam kelereng. Selain menghilangkan rasa bosan kita juga memperkenalkan permainan teradisional kepada anak agar tidak terlupakan.



Referensi :
dari pengalaman pribadi saya.

0 comments:

Post a Comment