23.3.20

The trick to avoid“Corona Sends You to Grave”



Nama : Lydia Aritonang (19310410033)
Dosen Pembimbing : FX. Wahyu Widiantoro S. Psi, M.A
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) yang lebih dikenal dengan nama virus Corona adalah jenis baru dari corona virus yang menular ke manusia. Virus ini bisa menyerang siapa saja, baik bayianak-anak, orang dewasa, lansia, ibu hamil, maupun ibu. menyusui.Infeksi virus ini disebut COVID-19 dan pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Cina, pada akhir Desember 2019. Virus ini menular dengan cepat dan telah menyebar ke wilayah lain di Cina dan ke beberapa negara, termasuk Indonesia.

Coronavirus adalah kumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan. Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti infeksi paru-paru (pneumonia), Middle-East Respiratory Syndrome (MERS), dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

Hingga pertengahan Maret 2020 menurut data dari Organisasi Kesehatan Dunia, WHO, jumlah infeksi sekitar 250.000 kasus dengan kematian lebih dari 10.000 orang, menurut data hingga Jumat (20/03).

Gejala Covid-19 mirip seperti gejala flu ataupun pilek.Pada mulanya, penderita merasa seperti demam dan kemudian diikuti dengan batuk kering.Setelah satu minggu, pasien akan mengalami tersengal-sengal.Masa inkubasi - antara penularan dan menunjukkan gejala - adalah sekitar 14 hari, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).Namun sejumlah peneliti mengatakan periode ini dapat memakan waktu 24 hari.Ilmuwan China mengatakan sejumlah orang mungkin tertular sebelum menunjukkan gejala.  


Permasalahannya, masih banyak warga Indonesia yang masih cukup rendah kesadarannya terhadap wabah tesebut. Padahal jika berkaca dari negara lain yang sudah terjangkit virus ini dapat cepat diatasi jka menaati aturan yang telah dibuat pemerintah.



Adapun cara yang sangat menarik dan sekaligus menguntungkan kita dalam wabah virus tersebut ialah melakukan 3 langkah sebagai berikut :
·         Jalani pola hidup sehat dan etika batuk yang baik dan benar , 
·        Memakai masker dan selalu mencuci tangan dengan sabun ketika terkontak langsung   dengan benda umum dan usahakan meminimalisir kegiatan diluar rumah, dan
·       Selalu berdoa berserah kepada Tuhan Yang Maha Esa. Karna sesungguhnyaa ketika kita dapat menaati peraturan yang  ada disertai doa kepada Tuhan niscaya kita akan terlindungi dari bahaya.


Referensi :
https://www.alodokter.com/virus-corona (Diakses 23  Maret 2020)



0 comments:

Post a Comment