23.3.20

COVID-19: LANGKAH APA YANG HARUS DILAKUKAN?


YANSES KALA’ IRI’/19310410046
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
Dosen Fx. Wahyu Widiantoro, S.Psi., M.A
Awal tahun 2020 merupakan subah momok bagi dunia global, baru-baru ini dunia kesehatan di guncang oleh sebuah virus yang kecil tapi penyebarannya yang sangat cepat. Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) yang lebih dikenal dengan nama virus Corona adalah jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia. COVID-19 pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Cina, pada akhir Desember 2019. Virus ini menular dengan cepat dan telah menyebar ke wilayah lain di Cina dan ke beberapa negara, termasuk Indonesia.
Di Indonesia sendiri, saat ini per 22 Maret 2020 pukul 13.17 WIB terdapat 450 kasus konfirmasi dengan jumlah kematian 38 kasus dan 20 kasus sembuh. Sebanyak 392 kasus berada dalam perawatan (kompas, 22 maret 2020). Pemerintah tidak tinggal diam dalam menyikapi hal ini. Salah satu upaya pemerintah dalam pencegahan penyebaran virus ini adalah dengan himbauan untuk tetap dirumah. Setelah pemerintah mengeluarkan himbauan tersebut, aktivitas yang dilakukan dialihkan di rumah. Seperti perkuliah tetepa di lakukan tetapi dengan media online, pemberian tugas dll.
Apa yang perlu kita lakukan dalam mencegah penyebarannya? Pencegahannya yaitu berasal dari diri kita sendiri seperti menerapkan: social distancing, yaitu pencegahan kontak dekat antara orang yang sehat dengan yang sakit untuk menghindari penularan penyakit., tetap berada di rumah seperti himbauan pemerintah, jagalah dirimu, kesehatan, dan kebersihan. Adapun cara lain yang dipaparkan di artikel alodokter.com mengenai pencegahan yang terbaik adalah dengan menghindari faktor-faktor yang bisa menyebabkan Anda terinfeksi virus ini (alodokter.com, 18 Maret 2020), yaitu:
•Gunakan masker saat beraktivitas di tempat                    umum atau keramaian.
•Rutin mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer yang mengandung   alkohol minimal 60% setelah beraktivitas di luar rumah atau di tempat umum.
•Jangan menyentuh mata, mulut, dan hidung                     sebelum mencuci tangan.
•Hindari kontak dengan hewan, terutama hewan liar. Bila terjadi kontak dengan hewan, cuci tangan setelahnya.
•Masak daging sampai benar-benar matang                       sebelum dikonsumsi.
•Tutup mulut dan hidung dengan tisu saat batuk atau bersin, kemudian buang tisu ke tempat sampah.
•Jaga kebersihan benda yang sering disentuh                      dan kebersihan lingkungan.
Jadi, kita semua diharapkan agar tetap tenang dan tidak memberikan reaksi berlebihan serta menggalakkan hidup bersih dan sehat untuk mencegah penularan COVID-19. Publik juga dihimbau agar membatasi publikasi yang tidak perlu dan tidak menyebarkan informasi yang simpang siur, bohong atau hoax terkait virus Corona yang dapat menimbulkan kepanikan masyarakat.

SUMBER
https://www.alodokter.com/virus-corona  (di akses pada tanaggal 18 maret 2020)



0 comments:

Post a Comment