23.3.20

COVID-19 | Tetap Enjoy Saat Social Distancing


Nur Asma Maryam
19310410081
Dosen Pembimbing :
 Fx Wahyu Widiantoro, S.Psi., MA
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA



    Penyebaran Virus Corona yang terus meluas, membuat pemerintah untuk tegas mengambil kebijakan. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pun menyampaikan agar seluruh aktivitas diminimalisir. Terkecuali kepentingan yang urgent dan tak bisa ditunda. Ia juga meminta seluruh masyarakat untuk membatasi interaksi sosial di ruang publik. Ia meminta agar sekolah diganti dengan pembelajaran jarak jauh, bekerja dari rumah dan beribadah juga bisa dilakukan di rumah. Pencegahan penularan COVID-19 tidak bisa dilakukan hanya pemerintah, kita harus waspada dan kita harus disiplin dalam mengatur interaksi, social distancing, atau menjaga jarak, mengurangi perjumpaan atau kontak fisik. Tidak hanya di Indonesia, imbauan social distancing juga dikeluarkan di sejumlah negara, seperti Australia, Selandia Baru.

    Definisi dari 'social distancing' adalah mengurangi jumlah aktivitas di luar rumah, menghindari keramaian (seperti berkumpul bersama saudara atau teman, mall, bioskop) dan kontak fisik secara langsung (seperti berjabat tangan, berpelukan).  Social distancing disikapi beragam oleh masyarakat, salah satunya adalah rasa takut 'terkungkung' di dalam rumah atau membatasi interaksi dalam waktu yang cukup lama sehingga mampu membuat stres.

 Berikut ini tips supaya nyaman dan tetap produktif meski hanya di rumah saja :
1. Tetap menjalani rutinitas di pagi hari
Jangan karena studying or working from home, lantas kita melewatkan sejumlah rutinitas penting di pagi. Sebaiknya tetap lakukan aktivitas pagi hari semisal bangun tepat waktu, mandi, membereskan rumah atau kamar, dan sarapan.

2. Mengerjakan tugas tepat waktu
Sering kali pikiran dibuat stress karena menunda mengerjakan tugas sampai menumpuk karena terlalu asyik memainkan gadget dan tiduran. Solusinya segera kerjakan tugas yang diberikan sebelum semakin menumpuk.

3. Cari kegiatan menarik yang bisa dilakukan di rumah
Dirumah saja bukan berarti berarti tidak bisa melakukan apa- apa, kita tetap bisa berkreasi seperti mencoba resep masakan baru atau membuat handycrafts sesuai keinginan.

4. Tetap rajin olahraga, berjemur dan makan makanan bergizi setiap hari

5. Tetap jaga komunikasi dan selalu rutin menanyakan keadaan keluarga, saudara dan teman melalui sosial media.

6. Tetap berpikiran positif dan peduli lingkungan tempat tinggalmu.


Referensi :
https://www.liputan6.com/global/read/4204213/bedanya-lockdown-dan-social-distancing-yang-perlu-dipahami-untuk-cegah-virus-corona (Diakses pada tanggal 21 Maret 2020)

https://www.google.com/amp/s/amp.suara.com/lifestyle/2020/03/18/073000/tips-dari-psikolog-agar-tidak-stres-selama-social-distancing-di-rumah (Diakses pada tanggal 22 Maret 2020)

0 comments:

Post a Comment