30.3.20

SELF-QUARENTINE: BORING? COBA LAKUKAN TIPSNYA


YANSES KALA’ IRI’/19310410046
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
Dosen Eny Rohyati, S.Psi, M. Psi

Pada awal maret 2020, indonesia telah mengonfirmasikan bahwa terdapat pasien yang positif terjangkit virus corona. Pada pertengahan maret, virus ini kian mewabah dan menjadi pandemic di Indonesia. salah satu upaya pemerintah dalam mengurangi penyebaran virus ini yaitu dengan melakukan social distancing. Social distancing adalah tindakan pembatasan untuk mengendalikan infeksi nonfarmasi atau memperlambat penyebaran suatu penyakit menular (kompas.com, 30 maret 2020).
Dihimpun berbagai sumber, social distancing merujuk pada tujuan mengurangi penularan virus dari satu orang ke orang lain. Menurut Center for Disease Control (CDC), social distancing adalah tindakan menjauhi segala bentuk perkumpulan, jaga jarak antar manusia, dan menghindari berbagai pertemuan yang melibatkan banyak orang.Dapat diartikan bahwa, masyarakat diimbau mengurangi aktivitas di luar rumah, seperti kantor, sekolah, tempat olahraga, dan semua tempat yang banyak dikunjungi oleh orang (indozone.id, 30 maret 2020).
Semenjak di berlakukannya social distancing tersebut aktivitas yang dilkukan hampir selruhnya di lakukan di dalam rumah, tetapi dalam keadaan mendesak bisa dilakukan di luar denagn catatan selalu safe dan menjaga jarak. Lalu cara apa atau hal apa yang bisa dilakukan di rumah agar tidak jenuh dan bosan saat social distancing ini berakhir? Berikut beberapa tips yang dapat kila lakukan:
§  Merapikan kamar atau memake over ruang tempat kita tidur agar mood kita bisa hilang, serta dapat menenangkan pikiran kita, baik bagi orang tua maupun anak.
§  Belajar memasak, ini adalah salah satu alternative yang sangat cocok disamping kita bisa kenyang kita juga bisa mandiri serta menjadi pengalaman baru bagi si anak.
§  Watch movie atau drama yang disukai
§  Bercocok tanam di pekarangan rumah seperti di teras ataupun balkon bagi yang memilikinya
§  Membuat kerajinan yang lucu-lucu dan imut
§  Berolah raga, disamping menghilkan kejenuhan denagn berolah raga tubuh kita akn tetap fit
§  Bagi mahasiswa tetap mnegrjakn tugas dan tanggung jawabnya meskipun kuliah dalam bentuk online
Jadi di masa yang pandemic seperti saat ini, saya harap kita semua tetap mematuhi anjuran dan perintah dari pemerinta. Semoga tips yang di bagikan ini dapat bermanfaat bagi kita serta temukan hal yang dapat membuat kita tdk bosan dan jenuh tetapi di dalam rumah saja. Jadi bagi oorang tua dapat melkukan tips-tips yang di jabarkan di atas. Tetap jaga kesehatan, stay clean stay healty.


Sumber


0 comments:

Post a Comment