30.3.20

LAYANAN ONLINE KONSELING COVID-19 OLEH PSIKOLOGI POLRI


KONSELING COVID-19


Bangun Handoko
19 310 420 090
Mata Kuliah : Psikologi Umum II
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Polri saat ini sedang melaksanakan Operasi Kontijensi Terpusat dengan sandi “Aman Nusa II 2020” terhitung selama 30 hari ke depan untuk menangani penyebaran virus Corona (COVID-19) yang saat ini tengah merebak di Indonesia, operasi ini lebih mengedepankan langkah pencegahan, penanggulangan serta penegakan hukum. (Antaranews.com, 21 Maret 2020)

Operasi Kontijensi ini dilaksanakan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia mulai tanggal 19 Maret - 19 April 2020. Dalam operasi ini dibagi menjadi 6 (enam) satgas yaitu Satgas Deteksi, Pencegahan, Penanganan, Rehabilitasi, Gakkum dan Banops.

Penyebaran wabah virus Corona atau COVID-19 memberikan dampak perubahan psikologis bagi masyarakat seperti stress, cemas, panik dan takut, perubahan psikologis tersebut dapat mengganggu aktifitas keseharian dan anggota keluarga lainnya.

Untuk meminimalisir kecemasan tersebut, dalam Operasi Kontijensi dibentuklah salah satu satgas yang bertugas untuk meminimalisir perubahan psikologi tadi yaitu Satgas 4 Rehabilitasi yang diemban oleh Fungsi Dokpol, Psikologi dan Binmas.

Tugas pokok yang dilakukan oleh Satgas Rehabilitasi terutama bidang Psikologi yaitu melakukan trauma healing terhadap keluarga suspect COVID-19 dan melakukan pendampingan serta konseling terhadap pasien dan keluarganya. Selain melakukan pendampingan secara langsung Tim Satgas Rehabilitasi juga membuka layanan online Konseling Psikologi COVID-19. Konseling COVID-19 ini ditujukan bagi seseorang yang dinyatakan ODP, PDP atau positif COVID-19 dan bagi keluarga pasien. Dalam layanan online ini kita dapat berkonsultasi dengan konselor/psikolog dari Polri yang bertugas pada saat itu, untuk dapat bergabung dengan layanan Konseling COVID-19 ini silahkan klik link sebagai berikut : https://tinyurl.com/PsikologiPolriCegahCorona.

Tujuan dibukanya layanan online Konseling COVID-19 ini adalah untuk mengurangi kecemasan di masyarakat terkait wabah COVID-19 dan diharapkan masyarakat yang telah berkonsultasi bisa menyampaikan kiat-kiat psikologi yang diterimanya kepada warga lainnya sehingga memberikan ketenangan bagi yang lainnya.

Referensi :

0 comments:

Post a Comment