7.3.20

PSIKOLOGI BERBAGI : MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI


PSIKOLOGI BERBAGI:
 MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI








 Kami mengusung tema “ Meningkatkan Kepercayaan Diri” berserta game “Up Down and Boom”   dalam kegiatan ini kami di percaya pihak sekolah untuk mengisi 2 kelas yaitu kelas XII K-1 dan XII K-2  yang di sajikan masing-masing 2 jam pelajaran.  Sesi pertama mengisi kelas XII K-2 pembagian tugas anggota dalam kelompok  yaitu Herlinda Desi berperan sebagai penyaji materi, Nur Asma dan Andi berperan sebagai master of ceremony, Tika dan Andi berperan sebagai penyaji permainan, Sekar berperan sebagai notulen dan dokumentasi dan untuk sesi kedua`kelas XII K-1 pembagian tugas kelompok yaitu Andi Purnawan berperan sebagai penyaji materi, Sekar dan Herlinda sebagai master of ceremony, Andi,Nur Asma,Herlinda dan Sekar berperan sebagai penyaji game, Tika berperan sebagai dokumentasi dan notulen. 

 Psikologi Berbagi adalah agenda rutin dari Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta oleh mahasiswa Fakultas Psikologi untuk  berbagi ilmu kepada masyarakat. Kegiatan untuk melatih mahasiswa agar peracaya diri dan berbagi ilmu yang telah didapat kepada masyarakat. Pada kesempatan kali ini, di bentuk 3 kelompok kelas karyawan  dalam melaksanakan PSIKOLOGI BERBAGI di SMA/SMK sederajat yang telah dipilih masing-masing kelompok.  Kelompok kami beranggotakan Andi Purnawan, Herlinda Desi Anggraini, Sekar Pramesthi Armindariani, Putri Sartika, Nur Asma maryam,  memilih SMK BOPKRI 2 Yogyakarta yang berlokasi di Wirogunan,Yogyakarta pelaksaan kegiatan pada tanggal hari kamis, 27 Febuari 2020.

Tujuan kami memilih tema “ Meningkatkan Kepercayaan Diri” kepada siswa XII K-1 dan XII K-2 SMK BOPKRI 2 Yogyakarta agar menyadari pentingnya akan kepercayaan diri terhadap diri sendiri, tanpa disadari kepercayaan diri sangatlah penting, bahkan mebawa dampak positif bagi diri kita sendiri dalam kehidupan sehari-hari. Percaya pada diri sendiri maka secara tidak langsung mengsugesti diri kita termotivasi untuk sukses.

Para siswa terlihat bersemangat mengikuti dan merespon  setiap materi dan permainan yang kami sajikan dengan keceriaan. Mereka banyak mengajukan pertanyaan seperti, Bagaimana caranya kita percaya diri menghadapi ujian? Bagimana tetap percaya diri akan kemampuan diri sendiri walau sering di jatuhkan?

Pada  saat akhir kegiatan kami dikejutkan dengan sebuah pertanyaan dari seorang siswa

Bagaimana cara menyelesaikan perselihian dengan teman sekelas  dari kelas X hingga sekarang? 
Dalam kesempatan ini kami berupaya menjadi fasilitator untuk mendamaikan sebuah konflik pertemanan antar siswa.



Moment saat Tim kami, Herlinda mencoba mendengar permasalahan siswi tersebut.  



 

Moment mengharukan saat berdamai. 



Pada sesi pertama ini di akhiri dengan sangat manis oleh Siswa-siswi XII K-2 BOPKRI 2 Yogyakarta. Mereka mengatakan langsung kepada kami, “Terima Kasih telah datang kesini” dan “ Nanti mampir kesini lagi yaa Kak”.  Kalimat tersebut membuat kami semua semangat untuk sesi selanjutnya.   

Di sesi kedua XII K-1 pun para siswa tampak lebih bersemangat dari sesi pertama, mereka sangat antusias dan mereka banyak megajukan pertanyaan kepada tim kami.  
 
Kami menyampaikan rasa hormat dan terima kasih kepada ibu Yuli Karyati, M.Pd. selaku Kepala Sekolah SMK BOPKRI 2 Yogyakarta yang telah berkenan memberikan ijin kepada kami untuk melaksanakan kegiatan dan menyambut kehadiran kami di sekolah dengan penuh kehangatan. Terima kasih kepada para Guru SMK BOPKRI 2, kepada ibu Risnawati Anggreni, S.PD.T yang telah berkenan memberikan waktu nya kepada kami untuk berkegiatan bersama para siswa.

Kami semua sangat senang dengan kegiatan Psikologi Berbagi ini. Kegiatan ini memberikan kami kesan dan moment pengalaman yang berharga. Seperti  melatih kami lebih berani berbicara depan umum, memahami serta menjawab pertayaan dengan tepat, menjadi pendengar yang baik. Berdasarkan pengalaman yang kami dapatkan dalam kegiatan ini membuat kami lebih semangat, lebih giat lagi dalam belajar, meningkatkan kepercayan diri kami lebih baik lagi, memberi energi positif  bagi kami dan orang-orang di sekiar kami.


Ditulis oleh :
Sekar Pramesthi Armindariani  (19310410072)
Herlinda Desi Anggraini           (19310410008)
Andi Purnawan                          (19310410002)
Putri Sartika                               (19310410001)
Nur Asma Maryam                    ( 19310410081)

Dosen Pembimbing : Fx. Wahyu Widiantoro, S.Psi., M.A.



0 comments:

Post a Comment