30.3.20


KIAT CEGAH KEBOSANAN PADA ANAK DITENGAH PANDEMI COVID-19


Oleh
Nama                                : Hosianna Ronauli Simbolon
NIM                                  : 19310410032
Dosen Pembimbing          : Eni Rohyati, S.Psi.,M.A

Penyakit corona virus 2019 (COVID-19) adalah penyakit pernapasan yang dapat menyebar dari orang ke orang. Ada banyak jenis virus korona manusia, termasuk beberapa yang umumnya menyebabkan penyakit saluran pernapasan bagian atas ringan. COVID-19 adalah penyakit baru, yang disebabkan oleh virus corona baru yang belum pernah terlihat pada manusia. Gejala saat ini dilaporkan untuk pasien dengan COVID-19 termasuk penyakit pernapasan ringan hingga berat dengan demam, batuk, dan kesulitan bernapas.
Salah satu cara untuk memperlambat penyebaran virus adalah jarak sosial (juga disebut jarak fisik). Semakin banyak ruang antara Anda dan orang lain semakin sulit penyebaran virus tersebut. Corona virus kemungkinan besar menyebar dari orang ke orang ketika kita melakukan kontak dekat satu sama lain. Kita semua dapat membantu menghentikan penyebaran dengan menjaga jarak. Ini berarti jangan berjabat tangan, atau bertukar salam fisik, dan sebisa mungkin menjaga jarak setidaknya 1,5 meter dari orang lain. Penting juga untuk menerapkan kebersihan yang baik, terutama setelah berada di tempat umum. Bersama kita dapat membantu menghentikan penyebaran dan tetap sehat dengan mengikuti arahan pemerintah dengan berdiam diri dirumah masing ­–masing.
Berdiam diri dirumah dengan tidak pergi ketempat keramaian tentu menimbulkan kejenuhan bagi setiap individu termasuk anak. Mereka akan selalu merasa tidak nyaman dan penasaran serta bosan berada  dirumah dengan suasana yang sama selama berhari-hari Beberapa hal yang dapat dipraktekkan oleh orang tua untuk mencegah kebosanan pada anak sehingga membuat mereka  tetap nyaman berada dirumah  diantaranya :
1.   Membuat penjadwalan yang jelas, seperti ada waktu untuk belajar begitu pula       bermain  
2.      Melakukan olahraga bersama dengan bersepeda dan berjalan diarea rumah
3.      Bertemu lewat media social seperti video call dan skype dengan temannya
4.   Memberi waktu pada anak untuk melihat hiburan di media sosial seperti menonton youtube dsb.
5.   Mengondisikan rumah atau kos dengan suasana yang nyaman, seperti setting tempat untuk belajar dan bermain seunik dan se kreasi mungkin di rumah/kos
6.     Mengajak anak karaoke bersama
7.    Mengajak anak untuk memasak dan melakukan eksperimen baru yang membuat  anak bergairah dan aktif berfikir


Referensi :

0 comments:

Post a Comment