31.3.20

COVID-19


TIPS AGAR ANAK TETAP BETAH DI RUMAH
SELAMA PANDEMI COVID-19

RIZAL ARIFFUDIN / 19310410020
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
Dosen Pembimbing: Eni Rohyati,S.Psi.,M.Psi.

Selama pandemi virus corona (covid-19) seluruh siswa diwajibkan belajar di rumah. Orangtua juga dituntut mengambil alih tugas guru mendampingi anaknya di masa belajar. Psikolog Universitas Indonesia, Dr Rose Mini Agoes Salim mengatakan, cara paling efisien agar anak betah di rumah selama pandemic covid-19 adalah dengan membuat kegiatan yang melibatkan seluruh anggota keluarga. (Republika,19 Maret 2020)

Salah satu tips yang bisa dilakukan oleh orang tua agar anak tetap betah di rumah yaitu  dengan melakukan kegiatan seru di rumah. Jika biasanya anak bermain-main dengan teman sebayanya di sekolah maupun di lingkungan sekitar, maka di rumah saatnya menikmati kebersamaan dengan keluarga. Ciptakan kegiatan seru di rumah dengan berbagai permainan kreatif. Misalnya main ular tangga, puzzle, monopoli hingga permainan tebak kata. Bikin challenge juga, supaya permainan semakin seru dan tidak membosankan.

Selain itu peran orang tua mendampingi dan membimbing anak dalam belajar selama di rumah harus terus dilakukan, agar memahami dan mengerti apa yang harus dilakukan. ketika anak merasa bingung atau tidak tahu, lalu bertanya kepada orang tua, maka orang tua harus bisa menjelaskan dengan penjelasan yang mudah dipahami oleh anak. Orang tua juga harus bisa menciptakan suasana rumah yang nyaman dan tenang sehingga anak dapat berkonsentrasi saat belajar, misalnya: kecilkan volume televisi atau matikan televisi, dan cahaya cukup terang.


Referensi:





1 comment: