30.3.20

Covid -19: Dirumah aja? Lakukan aktivitas yang menyenangkan dengan Anak


Nama : Elvira Julia
NIM : 19310410075
Dosen Pengampu : Eni Rohyati, S.Psi,. M.Psi,.

             Belakangan ini virus Corona sudah mewabah di negara Indonesia. Yang telah menyerang ribuan orang di berbagai negara dan menelan banyak korban jiwa. Sehubungan dengan hal ini pemerintah terus melakukan pembaruan kabar terbaru terkait virus Corona dan melakukan tindakan atau penanganan untuk menghadapi adanya wabah virus Corona tersebut. Salah satu yang dilakukan adalah membuat himbauan untuk melakukan aktivitas dari rumah saja, khususnya para pekerja. Tidak hanya pekerja saja yang harus beraktivitas dari rumah anak sekolah pun dari tingkat TK, SD, SMP, SMA dan Mahasiswa pun mereka diharuskan untuk melakukan aktivitas dari rumah. Karena pemerintah telah mengalihkan proses belajar mereka secara online. 
        Aktivitas dari rumah tentu saja membuat sebagian orang bosan dan jenuh, apalagi dengan anak-anak. Lantas? Apa saja yang harus dilakukan orangtua agar anak betah serta tidak bosan melakukan  aktivitas dari rumah? Berikut ini adalah tips yang bisa dilakukan orangtua, untuk mengisi aktivitas bersama dengan anaknya agar mereka tidak bosan :

1. Mencoba resep baru dan masak bersama, berdiam di rumah bersama Si Kecil berarti ada lebih banyak waktu untuk mengajari hal baru. Salah satu yang bisa dilakukan yakni masak bersama. Orangtua bisa memperkenalkan pada anak resep sehat namun tetap enak untuk disantap. Misalnya, dessert berbahan oats dan buah-buahan, smoothies buah, jus sayur, atau popcorn dengan taburan keju parmesan. Memperkenalkan kegiatan masak pada anak sendiri memberikan manfaat positif untuk Si Kecil. Memasak membantu Si Kecil mengeksplor jenis makanan dan citarasa, memperkenalkan ‘kultur’ keluarga, hingga mengajarinya untuk bertanggung jawab. 

2. Piknik di rumah, Si Kecil mungkin akan merasa senang jika orangtua membuat piknik di rumah. Entah itu di ruang tamu, di halaman belakang, atau di teras rumah pada sore hari. Piknik memang memiliki manfaat untuk mempererat family bonding. Menu untuk piknik pun bisa berupa snack sehat untuk Si Kecil, seperti roti gandum dengan topping buah-buahan, yogurt, atau apel dengan balutan sedikit selai kacang.

3. Membelikan beberapa mainan kesukaan anaknya agar betah di rumah. Seperti kolam renang portabel, mengajak anak memasak, dan membuat kue agar anak lupa dengan kebosanan.

4. Bercocok tanam di teras dan balkon rumah, sembari menghitung hari pandemi corona berakhir, Si Kecil bisa diperkenalkan dengan kegiatan bercocok tanam. Orangtua bisa menggunakan bibit buah-buahan, membeli bibit bunga secara online, atau mengajarinya cangkok bunga tertentu yang sudah ada di pekarangan rumah (seperti bunga mawar). Selain menyenangkan dan menghilangkan rasa bosan, berkebun dan bercocok tanam juga mengajarkan rasa tanggung jawab pada Si Kecil. Anak pun bisa belajar ilmu pengetahuan baru mengenai makhluk hidup, serta meningkatkan sense of nature dalam diri mereka.

5. Menonton film, Si Kecil tentu bosan selama masa physical distancing di tengah pandemi corona ini. Oraangtua bisa menyulap ruang keluarga menjadi ruang menonton yang tentu juga meningkatkan kebersamaan Anda dan Buah Hati, atau menggunakan layanan streaming film yang biasanya memiliki koleksi film ramah anak, dan sesuai dengan umurnya. Sehingga oraangtua bisa berdiskusi dengan Si Kecil mengenai pesan moral yang ia tangkap dari film yang ia tonton.

6. Mengajaknya membaca buku , apabila oraangtua dan Si Kecil membaca cerita pendek bersama, ia bisa diajak diskusi mengenai pesan moral dalam cerita tersebut.

7. Membuat kerajinan tangan yang lucu, merangsang kreativitas anak dapat membantunya berkembang secara mental, sosial, dan emosional. Melalui seni, kemampuan problem-solving Si Kecil juga akan diasah. Mengisi masa-masa #dirumahaja dengan aktivitas seni dan kreatif tentu bisa Anda berikan pada Si Kecil, entah itu dengan melukis, menggambar, atau membuat kerajinan tangan. Ada banyak video kerajinan tangan dan kesenian yang bisa Si Kecil tiru untuk melatih tumbuh kembangnya.



Referensi :
https://www.google.com/amp/s/www.sehatq.com/artikel/ide-aktivitas-anak-di-rumah-agar-tak-bosan-selama-wabah-corona/amp (diakses pada 20 Maret 2020)
https://www.google.com/amp/s/www.inews.id/amp/multimedia/video/tips-agar-anak-tak-bosan-di-rumah-saat-libur-tanggap-darurat-corona (diakses pada 20 Maret 2020)

0 comments:

Post a Comment