30.3.20

BOSAN #DIRUMAHAJA? BERIKUT CARA MENGATASI BOSAN SAAT ISOLASI MANDIRI


BOSAN #DIRUMAHAJA?
BERIKUT CARA MENGATASI
BOSAN SAAT ISOLASI MANDIRI


Erlyna Rahma Sari/19310410084
Psikologi Perkembangan I
Dosen Pembimbing: Eny Rohyati, S.Psi., M.Psi

Presiden Joko Widodo pada Minggu (15/3/2020) memberikan imbauan untuk melakukan social distancing atau jaga jarak sosial dengan cara berdiam diri di rumah. Bekerja, belajar, hingga kuliah semuanya dihimbau dapat dilakukan dari rumah (ayobandung.com, 18/3/020). Meski terdengar menyenangkan, namun bagi orang-orang yang terbiasa aktif di luar rumah, hal ini sangat tidak nyaman. Apalagi bagi anak-anak yang sering aktif. Rasa bosan pasti dengan mudah muncul. Jika tidak ditanggulangi rasa bosan bisa berubah menjadi stres. Hal ini tentu membuat banyak orang mencari cara mengatasi stres selama berdiam di rumah.

Sebenarnya ada berbagai cara mengatasi bosan saat karantina mandiri. Apa saja cara-cara itu? Berikut 5 cara mengatasi bosan saat karantina mandiri.

1.      Berolahraga
“Berolahraga, WHO merekomendasikan aktivitas fisik 30 menit untuk orang dewasa dan 1 jam per hari untuk anak-anak. Normal untuk merasa stres, bingung dan takut selama krisis maka berbicaralah dengan orang yang dikenal dan percayai untuk membantu," ujar Tedros Adhanom melalui akun twitternya, Kamis (26/3/2020).
Olahraga yang bisa dilakukan si kecil adalah senam. Senam ringan dengan musik ceria kusus anak-anak. Gerakan senam tidak perlu susah, cukup membuat anak mau bergerak dan berkringat.
2.      Memasak Bersama
Anak akan lebih senang melakukan hal yang disukai. Coba menngajak anak membuat makanan yang disukai.
3.      Membuat Daftar Aktivitas
Menjalani hari dengan beberapa rencana bisa menumbuhkan semangat tersendiri.seperti ada tantangan yang harus diselesaikan. Susun rencana-rencana tersebut bersama dengan anak. Lakukan aktivitas-aktivitas yang menyenangkan dan bermanfaat.
4.      Hiburan
Anak mudah bosan saat melakukan hal yang diulang-ulang. Selain beraktivitas ringan, hiburan menonton filem, membacakan dongeng dan menyanyi menggunakan aplikasi adalah cara mudah mengatasi kebosanan pada anak.
5.      Bermain Bersama Hewan Pliharaan
Anak biasanya ingin tau banyak hal di lingkungan sekitarnya. Memiliki hewan peliharaan bisa membuat anak senang. Banermain dengan hewan peliharaan bisa mengurangi kebosanan anak. Disis lain kebersihan hewan peliharan juga harus diperhatikan. Biasakan anak selalu mencuci tangan setelah bermain dengan hewan peliharaan.

Selama isolasi mandiri untuk memutus rantai penyebaran COVID-19, beberapa cara diatas bisa mengurangi kebosanan dan stres.


Referensi:

https://www.ayobandung.com/read/2020/03/18/83034/5-cara-hindari-bosan-di-rumah-aja-saat-corona-covid-19-mewabah

0 comments:

Post a Comment