30.3.20


Covid-19 Dapat Menjadikan Anak Beraktifitas Positif?
Yudit Ilham Ramadhana/19310410018
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta
Dosen pembimbing : Eni Rohyati, S.Psi., M.Psi


Merebaknya virus corona atau Covid-19 di Indonesia membuat pemerintah mengimbau agar mengurangi interaksi sosial dengan bekerja dan belajar di rumah. Bekerja dari rumah dan tidak bisa melakukan interaksi sosial dengan leluasa bukan masalah bila hanya berlangsung dalam waktu singkat. Bila diterapkan dalam waktu lama, sebagian orang mungkin akan merasa disergap kebosanan, terutama pada anak.
Isolasi atau karantina merupakan hal yang sedang dirasakan oleh sebagian orang, terutama pada anak yang merupakan insan yang mudah bosan dengan tidak dapat melakukan aktifitas bermain seperti biasanya. Hal apa sih yang dapat dilakukan untuk mengatasi kebosanan pada anak? Orang tua berperan besar dalam hal ini untuk mengatasi kebosanan pada anak. Quality time merupakan langkah awal yang tepat untuk mengusir kebosanan pada anak,dengan berbagi cerita, membuat planning masa depan atau menonton film dengan anak sembari dengan berilexsasi.
Mengajak anak dengan melibatkan berbagai aktifitas rumah juga bisa mengusir kebosanan pada anak,seperti memasak, membuat kue, membersihkan halaman rumah atau merapikan meja belajar dengan anak. Selain dapat menjadikan aktifikas mengusir kebosanan, melakukan aktifitas yang melibatkan anak juga dapat melatih kemandirian bagi anak (Kompasiana, 30 Maret 2020)
Referensi :

1 comment: