30.10.19

Review Teori Kepribadian Menurut GEORGE KELLY Psikologi Kepribadian II


Review Teori Kepribadian Menurut GEORGE KELLY
Psikologi Kepribadian II
Dosen pengampu : Fx. Wahyu Widiantoro. S.Psi.,M.A

Windha Nurhidayati
183104101176


            Biografi George Kelly
George Alexander Kelly lahir pada tanggal 28 April 1905, di sebuah daerah pertanian dekat Perth, Kansas. George adalah anak tunggal dari Elfleda M. Kelly, mantan guru, dan Theodore V. Kelly, yang sebelumnya adalah pendeta Presbiterian. George alexander kelly belajar di bidang sosiologi dan perburuhan pada tahun 1930 di Universitas of Edinburgh, Scotland,
selain itu dia juga mendalami bidang oratory, public speaking, dramatics, serta pemerintahan. Awal ketertarikannya pada psikologi setelah membaca artikel yang ditulis oleh Freud. Alexander George Kelly mempelajari psikologi selama 9 bulan dan berhasil meraih gelar doktoral dari Universitas of Iowa. 12 tahun mendalami bidang pendidikan dan mengembangkan konseling klinis di Kansas Barat. Setahun mengabdi di Univ. of Maryland, lalu pindah dan menggantikan Carl Rogers di Ohio State University sebagai kepala program pelatihan klinis. Mendapatkan sarjana Strata 1 di Friends University, Kansas, dan Park College di Missouri. Pascasarjananya di University of Kansas, University of Minnesota, dan University of Edinburgh, dan mendapatkan Ph.D-nya dari State University of Iowa pada 1931. Kelly membangun klinik keliling di Kansas, Kelly pernah menjadai  Psikolog lepas pada Perang Dunia II. Kelly mendapatkan gelar Profesornya psikologinya di Ohio State University dan Brandeis University.tahun 1955 menulis teori dalam 2 volume buku: “The Pshychology of Personal Construct”. beliau meninggal pada 6 Maret 1967.

Konsep Kepribadian George Alexander Kelly
Teori kepribadian Kelly terkait dengan pusat kepribadian pikiran individu (kognitif). Teorinya menekankan pada pendekatan idiographic dan orientasinya yang teleologis(ilmu tentang Tuhan atau ketuhanan). Proses adaptasi dan penyesuaian dapat diprediksi melalui konstruk yang dimiliki oleh setiap individu. Sedangkan emosi dan perilaku dipengaruhi oleh kognisi dari individu sendiri. Bagi Kelly, ciri utama kehidupan sehari-hari adalah mampu mengembangkan ide yang akan memungkinkan kita untuk dapat memprediksi peristiwa penting dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, kita ingin  dapat memprediksikan kita akan  lulus ujian namun disamping itu proses yang lainnya adalah bagaimana kita berusaha mewujudkannya.


- STRUKTUR
Kunci dalam teori kepribadian Kelly adalah konstruk personal. Konstruk(construct) sendiri merupakan konsep yang digunakan untuk menginterpretasikan, atau menerjemahkan dunia. Konstruk merupakan bahasa sehari-hari seseorang. Ada tiga elemen penting dalam membentuk suatu konstruk: Dua dari elemen tersebut harus dirasakan memiliki satu sama lain, dan elemen yang ketiga harus berbeda dengan kedua elemen lainnya. Cara di mana dua elemen lainnya ditafsikan sama membentuk kutub persamaan (similarity pole) dari konstruk, cara di mana kedua elemen berbeda dengan ketiga membentuk kutub berlawanan (contrast pole) dari konstruk. Biasanya individu mengantisipasi peristiwa dengan cara mengobservasi pola dan juga melakukan regularitas. Maka individu dapat merasakan dan mampu menyadari bahwa beberapa peristiwa memiliki karakteristik yang akan dapat membedakannya dengan peristiwa yang lain. Akhirnya kelly menyatakan bahwa, perhatikan konstruk apa pun yang diterapkan individu kepada individu yang  lainnya, hal itu berpotensi juga untuk dapat diterapkan kepada dirinya sendiri.

Dinamika Kepribadian George Alexander Kelly
Kelly, menggambarkan bahwa setiap individu adalah peneliti atau ilmuan yang mampu mengobservasi dan mampu memberikan hipotesis dan mampu mempraktikkan menurut pandanggan individu sendiri, yang terpenting adalah imajinasi individu tentang realitas yang mampu memberikan makna bagiu setiap kejadian yang terjadi dalam hidup masing masing individu.


PSIKOPATOLOGI
Merupakan gangguan responds terhadap kecemasan, yang didefinisikan menurut kelly, kerangka fungsi system konstruk yang terganggu. Gangguan psikologis adalah gangguan yang melibatkan kecemasan dan kesalahan upaya membangun kembali perasaan.

Refrensi :
file:///C: Downloads/Materi%2011%20-%20TeoriGAKelly.pdf2019/10/11
Feist Jess, Georgory J. 2011.Teory Kepribadian,edisi7,buku2,jakarta selatan:Salemba Humanika.

0 comments:

Post a Comment