26.10.19

Apa itu Wawancara Klinis ?


Oleh Berkati Gaho
Nim : 17.310.410.1162
Tugas Psikologi Klinis
Dosen Pengampu : Fx. Wahyu Widiantoro, S.Psi,.M.A

          Wawancara klinis merupakan prosedur yang sangat penting dalam penilaian mengenai diri individu biasanya kasus dirujuk oleh displin lain seperti dokter umum, dokter spesialis penyakit dalam, psikiater, organisasi, perusahaan, sekolah, atau polisi. Wawancara klinis diawali dengan wawancara pembuka untuk memperoleh masukan mengenai keseluruhan. Setelah itu dapat dilakukan wawancara diagnostic untuk menentukan deagnosisi sementara.

          Fungsi mental individu akan dinilai dan dibandingkan dengan orang lain pada umumnya untuk menentukan apakah individu itu mengalami gangguan mental. Wawanacara dilakukan untuk mengumpulkan data riwayat hidup, dan kehidupan berumah tangga (jika sudah menikah), kehidupan sosial, kehidupan kerja, serta penyesuaian diri sebelum dan peristiwa yang terjadi sebelum kasus ini dirujuk.

         Wawancara klinis dilakukan sebelum individu mengikuti tes psikologi. Tiap wawancara yang pada hakikatnya merupakan komunikasi antar pribadi, perlu ada kejelasan dan efektifitas komunikasi. Dalam hal ini dapat melihat kelayakan baik secara verbal dan non verbal. Dalam komunikasi verbal dapat berupa menanyakan pertayaan terbuka. Dengan demikian individu bebas bercerita tentang dirinya, untuk menunjukkan sikap penuh perhatian penerimaan, penghargaan dan empati.

         Komunikasi non verbal dapat berupa cara duduk, ekspresi wajah, gerakan tangan maupun gerakan tubuh. Komunikasi non verbal yang dapat menunjukkan sikap yang baik adalah dengan cara duduk condong kearah kelayan. Meskipun dalam semua wawancara dibutuhkan kepercayaan yang tinggi, hal ini sangat penting dalam wawancara klinis.

         "Menurut seorang psikolog klinis yang sudah berpengalaman praktek perorangan ia tidak terlalu berkosentrasi pada apa yang diceritakan oleh kelayan akan tetapi Psikiolog  mampu mengelompokkan persoalan hidup sang kelayan".

Sumber :  Prwaitasari., E,.J.(2011) Psikologi KlinisPengantar Terapan Mikro & Makro”.Erlangga.Jakarta

0 comments:

Post a Comment