4.10.19

BEKERJA BUKAN ALASAN UNTUK TIDAK BELAJAR




BAYU PRATAMA
FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45




Pendidikan merupakan hal yang penting dalam hidup. Bahkan dalam dunia kerja jenjang pendidikan merupakan modal utama untuk menapaki tangga karir. Kesadaran untuk selalu mengembangkan potensi diri menjadi semangat untuk selalu belajar. Bekerja bukan alasan lagi untuk menjadi tidak bisa menjalani pendidikan dijenjang perguruan tinggi. Sekarang ini banyak perguruan tinggi yang menawarkan jam kuliah di malam hari maupun akhir pekan bagi para pekerja. Tinggal bagaimana kita mengatur waktu belajar tanpa mengganggu pekerjaan.
             Kuliah sambil bekerja tentu tidaklah mudah bagi mahasiswa untuk bisa fokus pada perkuliahannya. Bisa mempengaruhi hasil belajar mahasiswa. Resiko bekerja sambil kuliah atau kuliah sambil kerja, mahasiawa harus fokus pada keduanya. Terkadang harus rela meninggalkan kuliah karena tugas negara yang dibebankan. Melihat situasi yang terjadi saat ini khususnya bagi para abdi negara yang bekerja sambil kuliah pastinya mereka mementingkan untuk menjaga keutuhan dan keamanan masyarakat. Tentunya kegiatan perkuliahan banyak terganggu.
            Tuntutan karir merupakan alasan utama para pekerja melanjutkan pendidikannya. Pendidikan yang mumpuni menjadikan pekerja mendapatkan jabatan yang baik disebuah perusahaan maupun instansi. Sekarang ini banyak perusahaan yang mematok kriteria pegawainya minimal lulusan S1. Mungkin itu alasan saya untuk melanjutkan pendidikan saya untuk menunjang karier saya.
            Menurut Suwarso (2018) dalam penelitiannya yang berjudul “Dampak Kuliah Sambil Bekerja Terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri Dan Swasta di Kabupaten Jember Tahun 2017”, dampak kuliah sambil kerja bagi para mahasiswa antara lain kemandirian mahasiswa pada saat mahasiswa harus mampu melanjutkan kuliahnya pada saat mengalami kendala biaya, baik biaya pendidikan perkuliahan maupun biaya hidup selama kuliah. Selain itu segi positif lainnya, mahasiswa yang kuliah sambill kerja banyak mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang tidak diperolah mahasiswa dibangku perkuliahan, sehingga mahasiswa siap memasuki dunia kerja yang sesungguhnya.
            Setiap mahasiswa yang kuliah sambil bekerja sebaiknya selalu semangat dan optimis untuk bias menyelesaikan pendidikannya sambil bekerja. Bekerja tidak menjadi penghalang untuk selalu belajar. Terpenting selalu berusaha dan bergerak maju untuk menggapai apa yang kita inginkan.

Referensi :
Suwarso. 2018.  “Dampak Kuliah Sambil Bekerja Terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri Dan Swasta di Kabupaten Jember Tahun 2017”. Hal 1-13. Jurnal Relasi, Vol.XIV, No. 02(http://jurnal.stie-mandala.ac.id/index.php/relasi/article/download/261/245



0 comments:

Post a Comment